Sukses

Pertamina Berdayakan Kampung Rawa Bening Kembangkan Pertanian Hidroponik dan UMKM

Pertamina akan terus mendorong pemberdayaan kreatif, inspiratif, dan produktif untuk meningkatkan kesejahteraan dan penghijauan di kampung Rawa Bening, Balikpapan.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit V (PT KPI RU V) Balikpapan, melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program CSR. Pertamina memberdayakan masyarakat Rawa Bening pada sektor pertanian hidroponik yang berkembang hingga menciptakan UMKM.

Direktur Operasional PT KPI, Didik Bahagia mengatakan, pemberdayaan yang dilakukan Pertamina melalui PT KPI RU V, memberikan dampak positif kepada masyarakat Rawa Bening. Kelompok tani kecil atau kelompok wanita tani sangat produktif di dalam lingkungan yang terbatas, jauh dari air dan tanah, tapi produktif.

“Pertamina hadir untuk mendorong kepada kelompok-kelompok seperti ini, ibu-ibu sangat kreatif dan produktif,” ujar Didik kepada Liputan6.com, Kamis (24/10/2024).

Didik mendorong pemberdayaan masyarakat melalui Pertamina dapat direplikasi dan memberikan dampak multiplier effect. Pertamina akan terus mendorong pemberdayaan kreatif, inspiratif, dan produktif untuk meningkatkan kesejahteraan dan penghijauan di kampung Rawa Bening, Balikpapan.

“Kami ingin pemanfaatan tanaman hidroponik terus berkembang sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Didik.

Program pemberdayaan Rawa Bening merupakan kepanjangan dari Rain Water Harvesting and Urban Farming. Pemberdayaan tersebut dilakukan kelompok Rawa Bening dengan jumlah anggota mencapai 12 orang.

“Kita juga akan membantu pemberian kipas angin menggunakan tenaga solar sel,” ucap Didik.

Pemasangan solar sel tidak hanya untuk pertanian hidroponik, namun dapat dimanfaatkan untuk kegiatan posyandu. Penyediaan solar sel secara tidak langsung turut membantu peningkatan kesehatan balita di kampung Rawa Bening.

“Kita pasang mungkin akhir Oktober atau awal November,” ungkap Didik.

2 dari 3 halaman

Upaya Pemulihan Kualitas Udara

Pemberdayaan kampung Rawa Bening sebagai upaya pemulihan kualitas udara dan penghijauan lingkungan, PT KPI RU V Balikpapan sejak Oktober 2022. Program tersebut merupakan program yang pemanfaatan air hujan yang digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik.

“Disini juga ada peran pegawai kelurahan dan kita dorong terus ya untuk tumbuh bersama, berdampingan memproduksi dan produktif. Pertamina hadir untuk bisa memberikan kesejahteraan,” tegas Didik.

Selain memberikan pemberdayaan kepada masyarakat Kampung Rawa Bening melalui tanaman hidroponik, Pertamina turut memberikan bantuan CSR berupa tunai sebesar Rp120 juta. CSR yang diberikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan program Rawa Bening. 

“Mereka pun kini telah berkembang, selain melakukan memanen sayuran, mereka mampu membuat olahan sebagai bentuk UMKM,” tutur Didik.

3 dari 3 halaman

Infografis