Sukses

Waspada, Pencurian Modus Ban Kempes Incar Pengendara di Jakarta Timur

Terduga pelaku pencurian memberitahu dua kali bahwa roda mobil yang dikendarai korban bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian modus ban kempes kembali menyasar pengguna mobil. Kali ini, menimpa seorang inisial RK, barang-barang nyaris raib dibawa kabur kawanan pencuri. Beruntung, aksi itu berhasil digagalkan.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Pahlawan Revolusi Rt 003/002, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Kamis, 24 Oktober 2024 sekira pukul 15.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, korban saat itu sedang berkendara. Terduga pelaku mendekati kendaraan korban.

"Terduga pelaku memberitahu dua kali bahwa roda mobil yang dikendarai bermasalah," ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2024).

Ade Ary mengatakan, korban sempat menepi untuk mengecek kendaraan. Ternyata, pelaku lain memanfaatkan situasi itu untuk merampas barang-barang milik korban. Aksi itu pun dipergoki oleh korban.

"Korban melihat pelaku lainnya membuka pintu sebelah kiri dan mengambil 1 tas yang korban letakkan di atas bangku sebelah kiri," ujar dia.

Ade Ary mengatakan, korban berteriak meminta pertolongan. Teriakan itu mengundang perhatian warga sekitar yang ada di lokasi.

"Kemudian ada yang datang membatu korban," ujar dia.

Kini salah satu pelaku inisial MT berhasil diamankan. Kasus ini, saat ini sedang dikembangkan oleh Polsek Duren Sawit. "Sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tandas dia.

2 dari 2 halaman

Pencurian Modus Modus Ban Kempes di Jakarta Selatan

Sindikat pencurian modus ban kempes juga terjadi di kawasan, Tebet, Jakarta Selatan. Seorang pengendara menjadi korban hingga merugi puluhan juta rupiah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, korban PA ketika itu sedang mengemudikan kendaraan menuju ke kantornya.

Korban dihampiri dua orang tak dikenal mengendarai sepeda motor secara berboncengan setiba di Jalan Manggarai Utara I, Tebet Jakarta Selatan.

"Dua orang menunjuk ke arah ban mobil," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Sabtu 7 September 2024.

Ade Ary mengatakan, korban kemudian turun dari mobil untuk mengecek kondisi kendaraannya.

"Melihat ke arah ban, namun ternyata tidak ada apa-apa," ujar dia.

Ade Ary mengatakan, korban kembali ke dalam mobil. Ternyata, beberapa barang-barang telah raib digondol pencuri. Adapun, barang-barang berupa laptop, iphone dan dompet.

"Korban menderita kerugian sekitar Rp30 juta," ujar dia.

Atas kejadian ini, korban membuat laporan ke Polsek Tebet. "Sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tandas dia.

Video Terkini