Sukses

Pramono Bakal Siapkan Dana Hibah Rp300 Miliar untuk UMKM Jika Terpilih Jadi Gubernur

Calon Gubernur Jakarta Pramono mengatakan UMKM adalah penopang ekonomi Jakarta. Berkat UMKM, pemerintah Indonesia bisa survive saat dilanda pandemi Covid-19 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, mengatakan bakal menyiapkan dana hibah sebesar Rp300 miliar untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurutnya dana tersebut sangat penting, karena problem utama UMKM adalah permodalan.

"Saya akan mengalokasikan dari dana APBD yang ada untuk hibah bagi UMKM sebesar Rp300 miliar," ujar Pramono saat menjawab pertanyaan seorang warga yang menanyakan program bagi UMKM saat berdialog dengan warga rumah susun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kamis (24/10/2024).

Pramono mengatakan UMKM adalah penopang ekonomi Jakarta. Berkat UMKM, pemerintah Indonesia bisa survive saat dilanda pandemi Covid-19 lalu.

"Waktu itu saya masih jadi menteri sehingga itulah yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita," ungkap Pramono.

Pramono menegaskan bahwa karena dana tersebut bersifat hibah maka harus dipertanggungjawabkan karena ini bagian dari perputaran untuk membantu dan memstimulasi supaya warga UMKM yang membutuhkan ada perlindungan dari pemerintah.

Terkait dana hibah untuk pelaku UMKM ini kembali disinggung oleh Pramono usai berkeliling Blok A Pasar Tanah Abang. Ia menyatakan dana hibah tersebut diperuntukkan bagi UMKM menengah ke bawah.

"Inikan UMKM yang menengah. Sebenarnya mereka masih bisa bertahan, tetapi memang fasilitas, promosi dan sebagainya harus dibantu oleh pemerintah Jakarta. Dan saya akan lakukan kalau saya (terpilih sebagai Gubernur)," tukas Pramono.

 

(*)