Sukses

Elektabilitas Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie Kian Melejit, Dedi-Erwan Alami Penurunan

Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie terus melesat.

Liputan6.com, Bandung Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie terus melejit. Hal tersebut terlihat dari survei terbaru yang dirilis Voxpol Center Research and Consulting pada Jumat (25/10/2024).

Elektabilitas pasangan yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (NasDem) itu kini berada di angka 18,6%. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan yang menunjukkan penurunan elektabilitas.

Dalam survei Vocpol, pasangan yang diusung partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berada di angka 61,8%. Hasil tersebut jauh dibandingkan survei dari lembaga lain di awal Oktober 2024 yang berada di angka 65,9%.

CEO Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan, peta elektoral di Pilgub Jabar 2024 masih bisa berubah ke depannya.

"Ini peta elektoral terkini, teropong terkini Pilgub Jabar dengan simulasi surat suara dengan empat pasangan calon yang masih unggul 61,8%," ungkapnya.

"Potensi elektoral ke depan bukan tidak mungkin yang lain akan tumbuh, nanti migrasi yang lain akan bergeser ke mana, apakah akan ada yang tergerus atau tidak," imbuh Pangi.

Dirinya menyebut, tren elektabilitas para calon bisa saja berubah karena beberapa faktor, di antaranya isu terkini hingga peran tokoh berpengaruh dalam kampanye.

"Dalam konteks peta elektoral, kita tidak boleh terjebak dengan elektablitas per hari ini, ada kemungkinan berubah karena tren, isu, program, alat peraga dan tokoh," sebut Pangi.

2 dari 2 halaman

Hasil Lengkap Survei Voxpol

Survei Voxpol dilakukan 10 hingga 20 Oktober 2024. Populasi survei merupakan warga di 26 kabupaten/kota Jawa Barat berusia 17 tahun ke atas/sudah menikah dengan jumlah responden 800 responden.

Metode survei multistage random sampling dengan margin of error +- 3,47% pada tingkat kepercayaan 95%. Sistem pengambilan survei melakukan wawancara tatap muka.

Berikut ini hasil survei yang dirilis oleh Voxpol:

1. Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan 61,8% 

2. Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie 18,6% 

3. Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI 7,4% 

4. Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja 5,6% 

5. Tidak tahu/tidak jawab 6,6%

Elektabilitas Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur 

Calon Gubernur 

1. Dedi Mulyadi 64% 

2. Ahmad Syaikhu 17,9% 

3. Acep Adang Ruhiat 6,3% 

4. Jeje Wiradinata 5% 

5. Tidak tahu/tidak jawab 6,9%

Calon Wakil Gubernur

1. Erwan Setiawan 42,6% 

2. Ilham Akbar Habibie 22,1% 

3. Gitalis Dwi Natarina 13,3% 

4. Ronal Surapradja 9,8% 

5. Tidak jawab/tidak tahu 12,3%

 

(*)

Video Terkini