Sukses

Ikut Latihan Berbaris saat Retreat, Stella Christie: Sangat Efektif untuk Teamwork

Menurut Stella, retreat sangat efektif untuk membangun kerja sama tim di Kabinet Merah Putih. Pasalnya, para anggota kabinet berolahraga dan tinggal di satu kawasan bersama-sama selama tiga malam.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Riset (Dikti Saintek) Stella Christie mengaku sangat bersemangat mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang, 25-27 Oktober 2024. Dia mengatakan Presiden Prabowo Subianto berpesan agar para menteri harus membangun kerja sama tim atau teamwork.

"Kesannya sangat semangat dan sangat terinspirasi sekali karena arahan Bapak Presiden, kita harus teamwork," ujar Stella sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, retreat sangat efektif untuk membangun kerja sama tim di Kabinet Merah Putih. Pasalnya, para anggota kabinet berolahraga dan tinggal di satu kawasan bersama-sama selama tiga malam.

"Saya rasa kita berolahraga bersama, dan bertinggal bersama salah suatu yang sangat efektif kita memulai teamwork termasuk secara literally kita baris bersama, harus berirama. Itu pasti saya rasa ada manfaatnya ke depan bahwa kita harus berirama," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan AM.Putranto mengatakan retreat ini menjadi momen antar menteri untuk saling mengenal satu sama lain. Dia sendiri mengaku belum mengenal seluruh anggota kabinet Merah Putih.

"Saya berharap ada manfaat kami untuk berikan informasi kepada beliau untuk menjaga mareah Kabinet Merah Putih yang Insya Allah lima tahun ke depan kita akan bekerja terus untuk kepentingan bangsa dan negara," tutur Putranto.

2 dari 3 halaman

Kesan Menteri Ikut Retreat 2 Hari di Akmil, Bahlil: Biasa Bangun Jam 7, Jadi Jam 4 Subuh

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengungkapkan kesannya dua hari mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah. Dia mengaku harus bangun lebih pagi dari biasanya.

Bahlil mengatakan, dirinya biasa tidur 02.00 WIB dan bangun jam 05.00 WIB untuk salat subuh. Namun, dia kembali tidur dan bangun 07.00 WIB.

"Kesan bangun paginya itu agak repot saya, biasanya tidurnya jam 2, bangun jam 5 subuh abis itu tidur lagi kan, nanti bangun jam 7," kata Bahlil sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, para anggota Kabinet Merah Putih bangun pukul 04.00 WIB saat retreat berlangsung. Bahlil menilai hal ini membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab.

"Nah ini engga ini, kita tidur jam 2 jam 4 udah bunyi, tapi itu bagus bawah hidup itu disiplin, tanggung jawab negara itu mau satu jam mau dua jam begitu panggilan tugas harus siap," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Baru

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut retreat sangat efektif untuk menyamakan langkah dan frekuensi antar menteri. Dito pun mendapatkan pengalaman baru selama retreat.

"Ini dibikinkan kegiatan yang saya rasa hampir mayoritas anggota kabinet tidak terbiasa, tidur di tenda, bangun jam 4 pagi dan langsung kita baris berbaris, dan senam," tuturnya.

Dito menuturkan para anggota kabinet mendapat sejumlah materi penting yang dapat menumbuhkan kekompakan. Sehingga, para anggota kabinet dapat kompak dalam menjalankan program-program.

"Disini juga menerima subtansi yang sangat penting, jadi ini langkah yamg di mana hubungan kemnusiaan snagat oenting dari chemistri, dari hati, dan langkah. Jadi ini mempercepat karna Bapak Pres ingin pemerintahan kabinet Merah Putih berjalan cepat," ucap Dito.

  

Video Terkini