Sukses

Ketum Kadin Indonesia Anindya Bakrie Ingatkan Pentingnya Kerjasama Perdagangan Pemerintah RI dan Filipina

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Ketum Kadin Indonesia 2024-2029 Anindya Bakrie menerangkan, ada tiga dedikasi utama Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Ketum Kadin Indonesia 2024-2029 Anindya Bakrie menerangkan, ada tiga dedikasi utama Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam lingkup perannya di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

"Sebagai Ketua Umum Kadin (Indonesia) yang mewakili sektor bisnis Indonesia, dedikasi kami (sebagai mitra strategis pemerintah) terutama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, kerjasama regional, dan perdamaian yang berkelanjutan," ujar Anindya Bakrie saat pidato pembukaan 'Laut Filipina Barat: Dampak Terhadap Perdagangan & Investasi ASEAN' yang diselenggarakan oleh Philippine Business Club Indonesia (PBCI) di Kuningan, Jakarta Selatan, melalui keterangan tertulis, Jumat malam (25/10/2024).

Dalam pidatonya, Anindya mengangkat tema 'Integrasi Regional Yang Lebih Baik'. Dia menjelaskan, kolaborasi antara dunia usaha Republik Indonesia (RI) dan Filipina sangat penting.

Akan tetapi, kata Anindya, kerjasama perdagangan dan investasi antarnegara ASEAN juga harus lebih ditingkatkan lagi ke depan.

"Tadi bicara mengenai topik yang selalu menarik dibicarakan yaitu Laut China Selatan dan Laut Filipina Barat, yang merupakan bagian dari Laut China Selatan," ucap dia.

"Itu benar-benar merupakan suatu hal yang penting untuk didiskusikan karena banyak sekali perdagangan yang terjadi di Laut China Selatan, yang jumlahnya per tahun mencapai 3,4 triliun dolar AS atau hampir sepertiga dari total perdagangan di jalur laut dunia. Jadi besar sekali," sambung Anindya.

Dia menambahkan, Laut China Selatan dan Laut Filipina Barat memiliki potensi yang besar untuk menciptakan kesejahteraan di kawasan tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Beragam Tantangan Geopolitik

Selama ini, menurut Anindya, keduanya menjadi titik fokus, khususnya bagi China-Filipina dan ASEAN dan umumnya dalam menghadapi beragam tantangan geopolitik, yang menuntut komitmen dialog bersama, saling menghormati dan patuh pada hukum internasional.

"Kami juga melihat bahwa bukan saja secara ekonomi, tetapi juga secara biodiversitas, terutama kehidupan di bawah Laut China Selatan yang benar-benar harus dilindungi," ucap dia.

Ditambah lagi juga, lanjut Anindya, karena Laut China Selatan merupakan tempat perikanan yang luas yang menjadi mata pencarian bagi masyarakat sekitar.

"Jadi, Laut China Selatan dan Laut Filipina Barat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Dan kami (melihatnya) tentu mengedepankan kedamaian dan kestabilan. Kami sangat menghormati kedaulatannegara Filipina di wilayah tersebut," terang dia.

Lebih lanjut Anindya menuturkan, Kadin Indonesia akan terus mendorong dunia usaha nasional untuk selalu membuka akses yang lebih luas terutama ke kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik. Hal itu diyakini sebagai cara terbaik untuk dapat memastikan sektor perdagangan Indonesia semakin membesar.

"Kalau bicara ASEAN, kita tidak hanya bicara 285 juta (penduduk Indonesia), tetapi juga bicara tentang (sekitar) 750 juta orang (penduduk ASEAN). Jadi inilah yang membuat acara-acara seperti ini sangat baik, dan syukur-syukur (nantinya) bisa membawa naiknya investasi yang sangat dibutuhkan. Dan tentunya berujung pada meningkatnya (kesempatan) lapangan pekerjaan," harap Anindya.

 

3 dari 3 halaman

Optimistis Kolaborasi Indonesia dan Filipina

Anindya optimistis akan potensi kolaborasi dunia usaha Indonesia dan Filipina ke depan. Dia menyebut, ada dua hal yang mendasarinya dari sisi nilai ekonomis yaitu jumlah penduduk Indonesia dan Filipina yang jika digabungkan mencapai lebih dari setengah jumlah penduduk ASEAN.

Data Sekretariat ASEAN 2023 menyebutkan, total gabungan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara-negara ASEAN tahun 2022 mencapai 3,6 triliun dolar AS.

"Jadi, kita bicara lebih lagi antara kedua negara (Indonesia dan Filipina). Saya rasa perdagangan itu hanya salah satunya, dan kerja sama investasi adalah hal lainnya," kata dia.

"Saya sempat bicara dengan Pak Antonio (Ketua PBCI Antonio Capati) potensi kerja sama mengenai critical minerals ke depan," tutup Anindya.

Turut menyampaikan pidato pembukaan adalah Ketua PBCI Antonio Capati dan Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia HE Gina A Jamoralin.

Lalu CEO dan Pendiri ASEAN International Advocacy and Consultancy Shanti Shamdasani dan Presiden Pendiri Kerja Sama Pembangunan Internasional & Keamanan Chester B Cabalza hadir menyampaikan pidato utama.

Hadir juga mendampingi Anindya dalam acara tersebut adalah Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Luar Negeri Kadin Indonesia 2024-2029 Benardino M Vega.