Sukses

Memulai Hari Terakhir Retreat di Akmil, Kabinet Merah Putih Lakukan Senam Pagi

Anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retreat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retreat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

"Hari ini senam pagi," kata Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (27/10/2024).

Setelah itu, para anggota kabinet sarapan pagi dan berkemas-kemas barang. Mereka akan kembali ke Jakarta pada hari ini. "Makan pagi terpimpin, kemas-kemas pulang," ujar Viva.

Dari foto yang dibagikan Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani di akun media sosial Instagramnya, tampak para anggota Kabinet Merah Putih kompak memakai setelan bewarna biru dongker. Mulai dari, topi, baju dalam, jaket, hingga celana bewarna senada biru dongker. Di baju, terdapat gambar burung garuda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Selain itu, ada pula pengarahan dari Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Panjaitan hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani. Presiden Prabowo Subianto, Wapres Gibran Rakabuming Raka, serta anggota kabinet melakukan malam akrab.

2 dari 3 halaman

Prabowo Tegaskan Baris-Berbaris Bukan Latihan Kemiliteran

Presiden Prabowo Subianto menegaskan latihan baris-berbaris yang dilakukan pada retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmi) Magelang, bukan latihan kemiliteran.

Dia mengatakan latihan baris-berbaris ini bertujuan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," ujar Presiden Prabowo sebagaimana dikutip dari rilis Kantor Komunikasi Kepresidenan, Jumat (25/10/2024).

Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola. Sehingga, semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama.

"Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengutip pidato Prabowo.

Sebelumnya, Para anggota Kabinet Merah Putih menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024). Mereka dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing untuk mengikuti latihan baris-berbaris.

"Para pembantu Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Menurut dia, para anggota kabinet sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga, kawasan Akmil Magelang, pukul 05.15 WIB. Presiden Prabowo Subianto sendiri menjadi orang pertama yang hadir di lapangan, sebelum para anggota kabinet datang.

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Prabowo Ungkap Pentingnya Pembekalan Menteri di Akmil Magelang

Sebelumnya, Prabowo menyatakan pembekalan kepada para pembantunya untuk menguatkan kerja sama tim di Kabinet Merah Putih.

"Saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang, di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan. Kemudian, kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer," kata Prabowo Subianto saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Presiden Prabowo mengatakan Magelang merupakan sentra perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Sehingga, diharapkan dapat menumbuhkan keberanian dan meningkatkan rasa cinta tanah air dari para menteri dan wakil menteri.

"Daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu. Saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," ujar Prabowo.

Prabowo meyakini pembekalan di Akmil Magelang ini akan membawa banyak manfaat untuk kabinet dan pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

"Karena sesungguhnya lahirnya republik kita memang proklamasi di Jakarta, tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik," tutur Presiden Prabowo.