Sukses

Anggota Kabinet Merah Putih Mendaki Gunung Tidar Disela Retret di Magelang

Anggota kabinet lain yang tak ikut mendaki, memilih mengunjungi paviliun Presiden Prabowo Subianto saat menjadi Taruna Akmil, yoga, hingga bermain bola voli.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah anggota Kabinet Merah Putih mendaki Gunung Tidar saat retret hari ketiga di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). Sementara, anggota kabinet lain yang tak ikut memilih mengunjungi paviliun Presiden Prabowo Subianto saat menjadi Taruna Akmil, yoga, hingga bermain bola voli.

"Saya, saya termasuk naik (ke Gunung Tidar). Kalau enggak salah mungkin setengah, setengah dari rombongan naik Bukit Tidar. Sisanya ada yang ke paviliunnya Pak Prabowo dulu waktu taruna, sebagian ada yang yoga, ada yang main voli dan seterusnya," kata Wakil Menteri Pertanian Sudaryono usai mengikuti retreat di Akmil Magelang, Minggu (27/10/2024).

"Jadi hari ini setelah makan pagi, olahraga. Setelah olahraga, olahraga senam, setelahnya olahraga mandiri, habis itu persiapan untuk makan dan perpisahan walaupun hari Senin sudah kerja lagi," sambungnya.

Presiden RI Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka memiliki agenda lain sehingga tak ikut mendaki ke Gunung Tidar. Sudaryono mengatakan anggota kabinet penasaran ke Gunung Tidar karena gunung tersebut terkenal sebagai "Paku Tanah Jawa".

"Ya kita kan Gunung Tidar ini mitosnya pakunya Jawa jadi ya, kemudian banyak mitos dipaku, kemudian sanderanya Akmil. Jadi orang tuh pada penasaran dan saya kira banyak yang puas sampai ke puncak semua. Jadi enggak ada yang gagal," jelas Sudaryono.

Adapun anggota kabinet yang mendaki ke Gunung Tidar yakni, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, hingga Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza. Mereka tampak kompak mengenakan setelan olahraga bewarna biru dongker.

2 dari 2 halaman

Prabowo Kembali ke Jakarta Usai Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang

Presiden RI Prabowo Subianto kembali ke Jakarta usai retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). Prabowo diagendakan pulang ke Jakarta pada Minggu sore.

"Beliau akan kembali ke Jakarta sore ini. Mohon doanya," kata Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi kepada wartawan usai mengikuti retret di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo keluar gedung Akmil Magelang pukul 10.51 WIB. Prabowo mengenakan jaket dan topi berwarna biru dongker, senada dengan para menteri kabinet.

Prabowo sempat keluar dari sunroof mobil Maung Garuda yang membawanya. Dia menyapa dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang antusias menunggu di gerbang luar Akmil Magelang.

Sebelumnya, anggota Kabinet Merah Putih telah lebih dulu meninggalkan Akmil Magelang untuk kembali ke Jakarta.

Para menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden keluar gerbang Akmil Magelang pukul 10.04 WIB. Sementara itu, wakil menteri keluar Akmil Magelang pukul 10.46 WIB.

Mereka kompak mengenakan setelan bewarna biru dongker. Para warga yang menunggu di luar gerbang pun antusias menyambut dan melepas kepulangan para anggota kabinet.

Para anggota kabinet menaiki bus menuju Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Setelah itu, mereka menggunakan pesawat untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden RI Prabowo membuka retret dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Video Terkini