Sukses

Prabowo Ingin Maung Garuda Jadi Kendaraan Resmi yang Dipakai Pejabat

Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil jenis MPV berwarna putih yang diproduksi khusus anti-peluru buatan PT Pindad, saat menuju ke Istana usai dilantik di Gedung MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil jenis MPV berwarna putih yang diproduksi khusus anti-peluru buatan PT Pindad, saat menuju ke Istana usai dilantik di Gedung MPR. Mobil MV3 Garuda Limousine yang disebut Maung Garuda ini kembali dipakai Prabowo, seperti saat meninggalkan Akmil Magelang, Jawa Tengah.

Prabowo mengaku ingin agar mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan resmi

"Ya, saya inginnya seperti itu. Kehormatan bangsa, kebanggaan, sebaiknya kita bisa pakai produk kita sendiri," kata Prabowo Subianto dalam acara Prabowo Bicara yang tayang di SCTV, Minggu (27/10/2024).

Dia mengaku sudah merencanakan agar kendaraan tersebut menjadi mobil resmi yang dipakai oleh menteri hingga pejabat di daerah.

"Jadi saya sudah merencanakan, kemungkinan besar nanti semua menteri, semua wakil menteri, pejabat. Mungkin tingkat gubernur, bupati, wali kota, sebaiknya menggunakan kendaraan buatan bangsa Indonesia sendiri," ucap dia.

Dia pun menambahkan alasan mengapa mobil yang kerap dipakainya selalu berwarna putih. "Ya saya suka ya. Saya suka ya warnanya cerah," tandas Prabowo.

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam. 

Dengan portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

 

2 dari 2 halaman

Prabowo Subianto Sapa Masyarakat di Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin

Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menyapa masyarakat di sepanjang jalan Sudirman Thamrin, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024 usai pelantikan.

Dengan berdiri di mobil putih MV3 Garuda Limousine dengan atap terbuka, Prabowo yang mengenakan topi tampak menyapa masyarakat yang sedari pagi sudah menunggunya. Dia melambaikan tangan dan salam hormat kepada warga menanti di sepanjang jalan. 

Sementara itu, warga pun antusias berupaya mengambil foto Prabowo Subianto yang berdiri di mobil. Warga juga melambaikan bendera merah putih kecil di sepanjang jalan.

Tidak lama kemudian disusul oleh Gibran yang juga menyapa masyarakat, berbeda dengan Prabowo, Gibran menyapa masyarakat melalui dalam mobil dengan menyalami masyarakat yang berada di pinggir jalan secara langsung.

Cuaca yang semakin panas tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap menyambut Prabowo-Gibran dengan meriah sembari menyanyikan yel-yel “Selamat Bekerja Prabowo Gibran” yang terus diulang.

Video Terkini