Sukses

Angin Puting Beliung di Depok Picu Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Depok menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Liputan6.com, Depok - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda sejumlah kecamatan di Kota Depok, Jawa Barat sejak pukul 16.00 WIB, Senin (28/10/2024). Akibatnya, sejumlah pohon dilaporkan tumbang dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Denny Romulo membenarkan, hujan deras disertai angin puting beliung melanda sejumlah wilayah Depok. Pihaknya mengaku telah mendapatkan laporan dampak dari hujan dan angin tersebut.

“Iya hujan deras dan angin puting beliung,” ujar Denny saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/10/2024).

Denny menjelaskan, laporan yang telah diterima DPKP Kota Depok, yakni pohon tumbang menimpa rumah di Kampung Pulo, Pancoran Mas. Pohon yang berada di samping rumah tidak kuat menahan terpaan angin sehingga menimpa dan merusak rumah warga.

“Anggota sudah bergerak membantu penanganan,” jelas Denny.

Selain di wilayah Pancoran Mas, pohon tumbang juga menimpa rumah warga terjadi di Jalan Utan Kayu, Cipayung. Laporan pohon tumbang di wilayah Kalimulya, Cilodong, turut diterima DPKP Kota Depok.

“Pohon tumbang merusak pagar rumah warga dan mengenai kabel listrik,” terang Denny.

Peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Perumahan Permata Depok, Cipayung. Saat hujan deras disertai angin, pohon tersebut tumbang dan menutup akses jalan perumahan.

“Laporan sementara, tidak ada korban saat pohon tumbang,” ucap Denny.

 

2 dari 2 halaman

Tiang Listrik Nyaris Roboh

Selain menumbangkan sejumlah pohon, angin puting beliung juga membuat tiang listrik nyaris rubuh. Warga khawatir apabila tiang tersebut roboh, akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kalau laporan tiang listrik yang akan rubuh, sudah kami laporkan ke pihak PLN untuk segera penanganan,” tutur Denny.

Denny mengungkapkan, DPKP Kota Depok telah berkoordinasi dengan UPT DPKP di tiap kecamatan. Nantinya, anggota DPKP Kota Depok bergerak membantu penanganan pohon tumbang maupun mengevakuasi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat pohon tumbang.

“Anggota kami sedang bekerja di lapangan, baik evakuasi maupun melakukan pemangkasan pohon,” ungkap Denny.

Pemangkasan pohon tumbang, sambung Denny, tidak hanya ditangani DPKP Kota Depok. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. 

“Kami selain berkoordinasi dengan PLN, juga kepada DLHK untuk penanganan pohon tumbang,” kata Denny. 

Video Terkini