Sukses

Asimo, si Robot Cerdas

Robot yang kecil dan ringan tersebut bisa berjalan sempurna layaknya manusia. Asimo juga mampu membuka pintu dan mengerjakan berbagai tugas di atas meja.

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah stand dalam Pameran Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Auto Expo XII di Jakarta Convention Center disesaki ratusan pengunjung, Ahad (20/7). Anak-anak sampai orang tua berjejal untuk menyaksikan Asimo atau Advanced Step in Innovative Mobility. Maklum, robot setinggi 120 sentimeter dan berat 43 kilogram tersebut mampu menampilkan gerak eksotik. Asimo bisa berlaku mirip manusia seperti berjalan, berbicara dalam berbagai bahasa sampai menari.

Asimo memang dirancang khusus menyerupai manusia. Produk Honda Motor Company ini juga mampu menaiki dan menuruni tangga. Robot berukuran kecil dan berbobot ringan ini juga bisa mengangkat beban hingga dua kilogram. Tak hanya itu, mesin bergerak ini pun mampu melakukan perkerjaan rumah manusia lainnya seperti membuka pintu dam melaksanakan berbagai tugas di atas meja.

Robot ini adalah hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dimulai pada 1986. Prototipe Asimo kali pertama diperkenalkan pada 1996 dengan nama P2. Selanjutnya dikembangkan dan berubah nama menjadi P3 pada 1997. Nah, Asimo yang sekarang adalah "adik" dari P3.

Dibandingankan P3, Asimo lebih pendek 40 cm--P3 160 cm--dan lebih ringan 87 kg dari P3 yang memiliki bobot 130 kg. Sedangkan kecakapan berjalan Asimo adalah hasil gabungan teknologi kontrol berjalan dengan kecanggihan yang sudah ada di P3. Gabungan teknologi tersebut dinamai i-Walk atau intelligent real-time flexible walking. Dan, dengan i-Walk, Asimo dapat merespon seluruh gerak yang terjadi secara tiba-tiba.

Asimo dapat dikendalikan dengan panel besar ataupun alat kontrol yang mudah dibawa. Gerakan tubuh manusia besi ini lebih luwes karena bahu Asimo dipasang lebih tinggi 20 derajat daripada P3 dan siku Asimo lebih tinggi 15 derajat. Asimo bisa berjalan sampai 1,6 kilometer per jam.

Honda sudah menciptakan lima Asimo, tiga dipekerjakan sebagai pelayan di Jepang dan sebuah lagi ada di Amerika Serikat. Pada fase berikutnya, Honda sedang sibuk merancang agar robot yang mebutuhkan perlakuan khusus, terutama menyangkut suhu dan keamanannya ini bisa mengenali wajah seseorang.

Kecanggihan Asimo sudah disaksikan Wakil Presiden Hamzah Haz. Wapres berkesempatan bersalaman tangan dengan robot bertinggi 120 sentimeter itu dalam pembukaan pameran yang akan berlangsung hingga 27 Juli mendatang ini [baca: Wapres Bersalaman dengan Robot].(ICH/Fransambudi)