Sukses

Berbekal Nilai Rapor, 68 Siswa SMAN 68 Jakarta Lulus SMPTN

Sebanyak 68 siswa dari 272 siswa yang didaftarkan pihak SMAN 68 lulus dalam seleksi SMPTN tahun ini.

Setelah pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat, para siswa SMA Negeri juga dilakukan pengumuman Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SMPTN).

SMA 68 Jakarta Pusat menerima pengumuman SMPTN. Sebanyak 68 siswa dari 272 siswa yang didaftarkan pihak SMAN 68 lulus dalam seleksi SMPTN tahun ini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 68 Sipana mengatakan, seleksi SMPTN ini merupakan undangan dari seluruh universitas negeri di Indonesia. Seleksi tersebut, kata Sipana, dilakukan berdasarkan penilaian hasil rapor para siswa.

"Seleksinya adalah dengan menggunakan nilai rapor, melalui jalur undangan dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia," ujar Sipana di SMAN 68, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya, pengumpulan nilai rapor para siswa untuk diikutsertakan dalam seleksi SMPTN ini telah dilakukan sejak para siswa duduk di kelas X. Sejak saat itu, kata Sipana, seluruh rapor siswa dikumpulkan pihak sekolah hingga para siswa ini duduk di semester akhir, yakni semester 5 atau hingga kelas XII.

"Semua rapor siswa telah kami kumpulkan sejak mereka duduk di kelas X hingga mereka duduk di kelas XII. 1 Semester sebelumnya mereka mengikuti UN. Semua rapor para siswa itu telah kami siapkan untuk kita ikut sertakan dalam seleksi SMPTN," jelasnya.

Sementara menurut Staf Humas SMAN 68, Marlina, seleksi untuk SMPTN telah dilakukan sejak Desember 2012 hingga Mei 2013.

"Kita pihak sekolah telah diberitahu oleh pihak panitia SMPTN, seleksi berjalan sejak bulan Desember 2012 hingga Mei 2013. Kami telah siapkan dan mengumpulkan rapor-rapor para murid sejak Desember lalu, sesuai ketentuan dari panitia SMPTN," tutur Marlina.

Sabrina adalah salah satu siswa SMAN 68 yang lolos dalam seleksi SMPTN tahun ini. Dia mengaku senang ketika melihat namanya terpajang di papan pengumuman kelulusan SMPTN tahun ini.

Siswa kelas XII yang baru saja mengikuti UN tahun ini beruntung dia dapat lulus dan masuk ke Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

"Saya nggak nyangka bisa lulus dan diterima masuk UGM. Kalau dilihat-lihat masih banyak siswa lain yang nilai rapornya lebih baik dari saya," terang Sabrina.

Setelah mengikuti seleksi SMPTN dan dinyatakan lulus, Sabrina berencana akan segera mendaftarkan ulang namanya di UGM untuk proses selanjutnya, yaitu pendaftaran penerimaan mahasiswa baru.

"Cuma tinggal registrasi, 18 hingga 19 Juni di UGM-nya. Alhamdulillah orangtua saya juga setuju dan saya akan melanjutkan kuliah di UGM," pungkas Sabrina. (Frd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini