Sukses

Belasan Anggota DPRD Lampung Di-<i>recall</i>

Lima belas anggota DPRD Lampung di-recall induk partainya, yakni enam dari PKB dan sisanya PDIP. Antara lain Ketua DPRD Lampung Abas Hadisunyoto beserta wakilnya, Mohtar Hasan.

Liputan6.com, Lampung: Sebanyak 15 dari 75 anggota DPRD Provinsi Lampung, baru-baru ini, di-recall oleh induk partainya. Enam dari Partai Kebangkitan Bangsa dan sisanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pengajuan recall untuk pergantian antarwaktu (PAW) ini telah dikirimkan fraksi masing-masing ke pimpinan Dewan. Dari 15 orang itu, di antaranya kader F-PDIP yang juga Ketua DPRD Lampung Abas Hadisunyoto dan wakilnya Mohtar Hasan dari F-PKB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun SCTV, sembilan anggota Dewan dari F-PDIP sebelumnya telah resmi dipecat dengan tak hormat. Mereka dipecat lantaran tak mengindahkan instruksi Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri dalam pemilihan gubernur 30 Desember 2002. Saat itu, calon gubernur yang direstui Megawati adalah Oemarsono yang akhirnya kalah suara dari kader PDIP lainnya Alzier Dianis Tabrani.

Sementara dari PKB, keenam anggota Dewan itu di-recall karena dipecat tak hormat dari PKB Alwi Shihab. Alasannya, mereka sempat bergabung dengan PKB Matori Abdul Djalil. Menanggapi pemecatan ini, Mohtar Hassan tetap akan bertahan di DPRD, meski ada mekanisme PAW. Alasan serupa juga pernah dialami tujuh anggota F-KB DPRD Jawa Tengah. Selain itu, enam kader PKB di DPR juga akan di-recall lantaran kepindahan mereka ke Partai Kejayaan Demokrasi pimpinan Matori Abdul Djalil [baca: Enam Anggota F-PKB Akan Di-recall ].(ORS/Bisrie Merduani)
    Video Terkini