Sukses

Jokowi Bakal Alirkan Gas Masuk ke Perumahan

Selain di pool-pool angkutan umum, seperti bus, mikrolet dan Transjakarta, rencananya SPBG juga akan disebar hingga ke rumah-rumah warga.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi berencana menambah jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di Jakarta. Selain di pool-pool angkutan umum, seperti bus, mikrolet dan Transjakarta, rencananya SPBG juga akan disebar hingga ke rumah-rumah warga. Dengan proyek pipanisasi bahan bakar gas, diharapkan kebutuhan gas dalam rumah tangga akan terpenuhi.

Penyediaan SPBG maupun pipanisasi gas ini diharapkan dapat mengimbangi penambahan angkutan berbahan bakar gas, seperti Transjakarta dan Bajaj 4-Tak.

"Nanti di perumahan-perumahan juga kami buat. Agar pipa gas yang ada di PGN bisa kami tarik semua ke kawasan kompleks rumah. Karena sistem itu lebih murah," ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Beberapa waktu lalu, mantan Walikota Solo itu juga sempat mengungkapkan rencana pipanisasi gas ke rumah susun (rusun). Lokasi perumahan dan rusun yang nantinya akan dialiri gas dari PGN, di antaranya yakni Kemayoran, Tanah Abang, Klender, Marunda maupun Muara Baru. Dirinya pun memberi jalan kepada PT PGN untuk melaksanakan pembangunan sesegera mungkin.

Hingga kini, rencana pipanisasi itu masih dalam proses pembahasan Pemprov DKI dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso mengungkapkan, pihaknya masih mengoordinasikan izin pembangunan dengan pihak Jokowi.

"Ini baru ide awal, sudah didukung dan didorong Pak Gubernur. Kami akan tindaklanjuti. Dan sekarang baru ditindaklanjuti," kata Hendi Prio. (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini