Sukses

Rusun Muara Baru Jadi yang Pertama Cicip Aliran Gas Rumah Tangga

Rencananya, sistem pembayaran gas ini mirip dengan tagihan penggunaan listrik dan air.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi berencana untuk mengalirkan gas ke rumah susun dan perumahan-perumahan warga. Dengan proyek pipanisasi bahan bakar gas, diharapkan kebutuhan gas rumah tangga akan terpenuhi. Sehingga tak perlu lagi membeli gas dalam tabung.

Rusun Muara Baru di Jakarta Utara adalah yang paling beruntung karena akan menjadi rusun pertama yang dialiri gas.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Yonathan Pasodung menuturkan, rusun-rusun yang berada di wilayah terdekat dengan tangki Perusahaan Gas Negara (PGN) akan didahulukan untuk dialiri gas. Untuk membawa masuk gas dari tangki PGN ke kawasan rusun yang berjarak 10 kilometer, dibutuhkan penggalian untuk instalasi pipa gas.

Namun, lanjut dia, memorandum of understanding proyek ini masih dalam tahap pembahasan antara PGN dengan Pemprov DKI. Setelah mencapai kesepakatan, baru proyek ini berjalan. Tapi berjalannya proyek ini tergantung dari kesiapan pihak PGN.

"Mungkin dalam waktu yang singkat. Tapi detail perjanjian dan titik-titik tepatnya saya belum lihat. Prinsipnya, gubernur mau setiap rusun dialiri oleh gas supaya masyarakat itu lebih tersedia gasnya," tutur Yonathan di Balaikota, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

"Tidak seperti sekarang, pakai tabung berapa kilo. Ini kan untuk memudahkan pelayanan," ujar Yonathan.

Rencananya, sistem pembayaran gas ini mirip dengan tagihan penggunaan listrik dan air. Setiap bulan, akan ada petugas yang mencatat jumlah pemakaian gas warga melalui meteran yang ada. Untuk besaran harga per meter pemakaian, masih dalam proses pembahasan.

Namun besaran harga gas untuk warga rusun diharapkan dapat disesuaikan kondisi mereka yang sebagian besar tergolong tak mampu. "Tapi kaya air, kan harganya jauh di bawah (lebih murah). Kami lihat perjajian soal harga dulu," pungkas Yonathan. (Ndy/Yus)
Video Terkini