Sukses

Bhatoegana: Tiket Capres dari Demokrat Nggak Gratis

Siapapun calon presiden yang lolos konvensi akan terikat kontrak politik dengan Partai Demokrat.

Siapapun calon presiden yang lolos konvensi Partai Demokrat akan terikat kontrak politik. Demokrat tidak akan memberikan tiket capres secara gratis.

"Komite dari Demokrat yang mengatur. Memang tokoh ini akan ada kontrak dengan Demokrat," kata Ketua DPP Demokrat, Sutan Bhatoegana di Kompleks Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/8/2013).

"Nggak gratis. Emang nggak gratis, sama-sama berjuang. Nggak ada yang gratis di Republik ini Sama-sama berjuang."

Sutan menjelaskan, kontrak politik dengan calon yang terpilih dalam konvensi akan diatur oleh Komite Konvensi. Aturan itu berlaku untuk semua calon yang akan lulus. "Baik dari luar maupun kader Partai Demokrat," ujarnya.

Lebih lanjut, Sutan menyatakan kader-kader dari DPP Demokrat siap apabila Ketua Umum Susilo Bambang Yudhyono (SBY) meminta kader-kader untuk maju.

"Tetapi kemarin saya berbicara dengan Pak Syarief sendiri. Saya tanya, (dia bilang) 'Saya juga belum tahu', kata Syarief. Tetapi yang penting adalah tokoh dari Demokrat dan luar," tuturnya.

Di mata Sutan, konvensi tersebut adalah gerbang bagi tokoh-tokoh dari internal dan eksternal partai untuk maju sebagai presiden. Konvensi diharap juga bisa menaikkan elektabilitas. "Kalau naik, alhamdulillah. Enak-enak aja hidup ini," tutup Sutan. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.