Sukses

[VIDEO] Berbagai Cara Dilakukan Negara di Bulan Ramadan

Ramadan telah tiba. Umat Islam di sejumlah negara pun menyambutnya dengan cara masing-masing.

Ramadan telah tiba. Umat Islam di sejumlah negara pun menyambutnya dengan cara masing-masing. Pada Rabu 10 Juli, pertama kalinya dalam sejarah azan subuh di kumandangkan di salah satu stasiun televisi Inggris, Channel Four.

Rencananya kumandang azan ini akan selalu disiarkan selama bulan Ramadan. Dalam Liputan 6 SCTV, Kamis (11/7/2013), siaran ini untuk memberikan dukungan terhadap penganut muslim minoritas di negara tersebut. Selain azan, Channel Four juga akan menyiarkan berbagai program Ramadan lainnya.

Di Kabul, Afghanistan, sejumlah pedagang mulai menjajakan barang dagangan keperluan Ramadan. Di antaraya tasbih dan kopiah. Di samping itu pedagang kurma musiman pun mulai ramai bermunculan di sejumlah pasar tradisional. Kurma memang selalu laris manis selama Ramadan.

Di Karachi dan Islamabad, Pakistan, para pedagang pun menjual aneka jenis kurma. Meski harga kebutuhan pangan mulai naik, berbagai keperluan Ramadan tetap diserbu warga.

Lain halnya dengan kaum muslimin di Filipina. Mereka lebih memilih beribadah di masjid yang ada daripada memburu berbagai keperluan selama bulan puasa. Jumlah jemaah pun meningkat dari hari biasanya.

Tak banyak pedagang yang menjajakan makanan untuk berbuka. Mereka justru hanya menjual pakaian dan buku-buku Islami.

Hal serupa juga ditemui di negeri tetangga, Malaysia. Penduduk muslim lebih memilih untuk beribadah di masjid. Pihak masjid seperti biasanya menyediakan makanan khas bubur lambuk gratis untuk berbuka.

Bubur lambuk merupakan hidangan wajib berbuka bagi warga Malaysia. Hidangan ini kerap dijumpai kala memasuki bulan Ramadan. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.