Sukses

[VIDEO] Wantimpres Kunjungi Tempat Pengungsi Syiah di Sidoarjo

"Hari ini untuk memeriksa kebutuhan warga pengungsi di rusun selama bulan puasa ini. Itu yang utama saya datang ke sini," kata Albert

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Albert Hasibuan mengunjungi pengungsi Syiah di Rumah Susun Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo, Jawa Timur. Namun Albert belum bisa memastikan jadwal pemulangan para pengungsi Syiah bisa kembali ke kampung halaman Sampang, Madura.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (23/7/2013), kedatangan Albert yang menjadi anggota Wantimpres bidang hukum dan HAM adalah untuk memastikan terpenuhinya segala kebutuhan para pengungsi warga Syiah selama bulan suci Ramadan. Meski sudah melihat langsung dan mendapat penjelasan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, mau pun perwakilan pengungsi, Namun Albert belum bisa memastikan kepastian jadwal para pengungsi bisa pulang ke kampung halaman.

"Hari ini untuk memeriksa apakah kebutuhan warga pengungsi di rusun selama bulan puasa ini. Itu yang utama tujuan saya datang ke sini," kata Albert.

Para pengungsi berharap mereka sudah dipulangkan ke kampung halamannya sebelum Idul Fitri.

"Meski tidak 100 persen. Kita berharap temen-temen yang disini segera dipulangkan dan bisa beraktivitas lagi," kat M Zaini.

Pascakonflik 20 Juni 2013 lalu, sedikitnya 160 warga Syiah asal Sampang, Madura, Jawa Timur, terusir dari kampung halaman akibat konflik keluarga yang merembet menjadi konflik antar warga. Sebelum mengungsi ke rumah susun Puspa Agro Jemundo, mereka diungsikan di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Sampang. (Adi)