Sukses

[VIDEO] Gurihnya Pia Kering Kotak Yogyakarta

Setelah dicetak kotak, pia itu dipoles kuning telur dan diberi taburan wijen dimasak dengan oven hingga kering sehingga renyah dan gurih.

Tim Safari Ramadan berada di sentra oleh-oleh pia di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melihat langsung proses pembuatan pia kering. Pia kering kotak kini menjadi oleh-oleh makanan khas Yogyakarta.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (28/7/2013), bau harum lezatnya makanan tercium di suasana industri kue kering di sentra oleh-oleh Pia kotak khas Sleman, DIY.

Sejumlah pekerja sibuk membuat hingga mencetak adonan. Setelah dicetak kotak, pia itu dipoles dengan kuning telur dan diberi taburan wijen. Selanjutnya, dimasukkan ke dalam oven selama 10 menit.

Pengusaha Anifah Mei Khati menuturkan polesan kuning telur itu untuk mempercantik tampilan kue serta menambah protein dalam pia kering buatannya itu. Selain sebagai ciri khas, bentuk kotak sengaja dibuat agar mudah dalam melipatnya.

"Memang ciri khasnya pitak kotak berbeda dengan pia dari yang lain. Selain itu juga ditaburi wijen, serta dimasak kering sehingga renyah dan gurih," kata Mei.

Ia menambahkan setelah pengenalan produk pia kotak itu banyak yang pelanggan yang mencari. Ciri kardus makanan berwarna hijau juga menjadi ciri khas Pia kering buatannya. (Adi/Ism)