Sukses

Saat Ramadhan, Eks Kepala SKK Migas Rudi Terima US$ 300 Ribu

KPK juga menyita US$ 90 ribu dan 127 ribu dolar Singapura yang ditemukan di rumah Rudi.

Mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini ternyata tak hanya diduga menerima US$ 400 ribu dari Petinggi PT Kernel Oil Pte Ltd, Simon Gunawan Tanjaya. Satu minggu sebelum ditangkap, mantan Wakil Menteri ESDM itu juga diduga menerima US$ 300 ribu.

"Selain yang US$ 400 ribu, setelah pemeriksaan tadi malam ada informasi bahwa sebelumnya ada pemberian juga kepada RR (Rudi Rubiandini) senilai US$ 300 ribu," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Selain itu, Johan juga mengungkapkan bahwa dari hasil penggeledahan yang dilakukan oleh penyidik KPK di rumah Rudi di Jalan Brawijaya VIII nomor 30,Jakarta, juga ditemukan uang tunai dalam jumlah US$ 90 ribu dan 127 ribu dolar Singapura.

"Uang tersebut saat ini masih diselidiki oleh penyidik," katanya.

Rudi Rubiandini ditangkap bersama Deviardi di kediamannya yang terletak di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan pada Selasa 13 Agustus pukul 22.30. Selain itu, KPK juga menangkap Simon dari apartemennya. Dari tangan Rudi, penyidik mengamankan uang tunai sebesar US$ 400 ribu.

Selain itu, penyidik juga turut mengamankan sebuah motor BMW dari tangan Rudi yang diduga juga merupakan pemberian dari Simon. Tak hanya itu, KPK juga menyita US$ 90 ribu dan 127 ribu dolar Singapura yang ditemukan di rumah Rudi, serta US$ 200 ribu yang ditemukan di rumah Ardi. (Ary/Mut)