Sukses

Cek Kondisi Kios Blok G Tanah Abang, PKL Kecewa Tapi Senang

Ferry mengaku keberatan jika harus mengeluarkan dana pribadi untuk memperbaiki rolling door kios miliknya.

Para calon pedagang yang telah mendapat undian kios di Pasar Blok G Tanah Abang kini mulai mendatangi lokasi di Pasar Blok G Tanah Abang. Mereka mengecek kios yang mereka dapatkan setelah dilakukan undian di kantor Walikota Jakarta Pusat pada hari ini. Hasilnya, kecewa-kecewa senang.

Fery (40), salah satu pedagang yang telah mendapat unit kios di lantai 4 Pasar Blok G Tanah Abang tak terlalu gembira. Mengapa? Dia menadpati kios miliknya tidak memiliki rolling door seperti kios lainnya.

"Ya mau gimana lagi mas, dari undian dapatnya yang ini. Rolling door-nya nggak ada begini," kata dia sambil menunjuk ke arah kiosnya di lantai 4 Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta, Senin (19/8/2013).

Walikota Jakarta Pusat Saefullah pada proses pengundian kios pedagang di kantornya pagi tadi mengatakan jika para pedagang ingin membenahi kiosnya di Pasar Blok G Tanah Abang harus menggunakan dana pribadi. Tidak ada bantuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, Ferry yang mendapat kios yang tidak mempunyai rolling door kecewa. Ferry mengaku keberatan jika harus mengeluarkan dana pribadi untuk memperbaiki rolling door kios miliknya.

"Harusnya PD Pasar Jaya tanggung jawab. Maunya saya diganti yang baru rolling door-nya, pokoknya harus seragam ya dengan yang lain," jelas Ferry yang juga pedagang kaki lima (PKL) di sekitaran pasar Tanah Abang.

Sementara itu, di lantai 4 Pasar Blok G Tanah Abang di atapnya juga tertempel besi-besi tua untuk menyanggah lampu. Menurut Ferry, besi-besi tua itu juga mengganggu pemandangan dan membuat lantai 4 agak sedikit gelap.

"Harusnya sih dibersihin ini besi-besi yang di atas ini. Bikin gelap pemandangan, selain itu juga sudah tua dan kotor besi-besinya. Kalau bisa ya diganti yang baru," tutur Ferry yang mengaku akan berjualan pakaian.

Meski begitu, Ferry mengaku cukup senang karena kios berdagangnya tak jauh dari teras lantai 4 Pasar Blok G Tanah Abang. Menurut Ferry, kiosnya yang dekat teras tidak membuatnya kepanasan.

"Ya alhamdulillah mas dapatnya di pinggir gini nggak terlalu ke dalam. Deket sama teras, jadi adem gitu ngga panas. Dan juga terang di sini," ucap Ferry.

Hal yang sama juga diucapkan pedagang lainnya yakni, Manzar (52). Ibu 3 orang anak ini senang kios yang ia dapatkan setelah undian tadi pagi mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersih.

"Seneng mas, kiosnya lumayan gede nih. Sekarang dagang di sini tidak perlu kehujanan. Ini juga termasuk yang bersih," ucap Minzar.

Minzar yang rencananya akan berjualan celana jins di kios barunya ini berharap penghasilannya dapat meningkat lebih dari sebelumnya saat berjualan di pinggir jalan. "Ya mudah-mudahan mas, penghasilannya lebih rame ketimbang saya jadi PKL dulu di depan," ungkapnya.

Mengenai fasilitas yang telah tersedia di tempat berjualannya yang baru ini, Minzar mengatakan masih banyak kekurangan. Minzar mencontohkan, fasilitas kamar mandi atau toilet yang sekarang ada betul-betul bersih. "Kamar mandi sih sudah lumayan, tapi masih agak kotor. Mudah-mudahan cepet diperbaiki," tutup Minzar. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.