Sukses

Aneh! Bus Giri Indah Maut Remnya Blong Ternyata Lolos Uji KIR

Berdasarkan pengakuan sopir bus Giri Indah maut, M Amin, dia tak bisa mengendalikan busnya karena angin remnya kosong.

Polisi menemukan keanehan dalam kasus kecelakaan maut bus Giri Indah di Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Bus yang terjun ke jurang karena remnya blong itu ternyata lolos uji KIR.

"Di lokasi, kami menemukan buku uji KIR. Ternyata bus itu sudah uji KIR 1 bulan yang lalu," kata Kapolres Kabupaten Bogor AKBP Asep Syarifudin saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (22/8/2013).

Namun, Asep menemukan keanehan. Karena berdasarkan pengakuan sopir bus maut itu, M. Amin, dia tak bisa mengendalikan busnya karena angin remnya kosong. "Kami akan selidiki ini terus," ujarnya.

Kini, sopir bus Giri Indah maut itu telah ditetapkan sebagai tersangka. Amin dijerat dengan Pasal 310 ayat (4) UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Ancamannya 5 tahun penjara," jelas Asep.

Bus Giri Indah yang sedang membawa jemaat Gereja Bethel Indonesia Rahmat Emmanuel Ministries (GBI REM) jatuh ke jurang di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bus melaju dari arah Cipanas menuju Jakarta, pada Rabu 21 Agustus sekitar pukul 08.00 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut 20 penumpang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Korban dibawa ke RSPG Cisarua dan sejumlah rumah sakit di sekitar Bogor. (Ary/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini