Sukses

Dana Konvensi Demokrat Rp 40 M, Sumber dari Partai

Juru bicara Komite Konvensi Demokrat Rully Charis mengungkapkan, untuk konvensi sekitar Rp 40 miliar.

Untuk menjaring calon presiden, Partai Demokrat menggelar konvensi. Sama dengan konvensi yang digelar Partai Demokrat Amerika Serikat, sejumlah tokoh akan dijaring. Baik dari dalam maupun luar partai.

Juru bicara Komite Konvensi Demokrat Rully Charis mengungkapkan, dana yang akan dihabiskan Demokrat untuk konvensi sekitar Rp 40 miliar.

"Dana yang digunakan sekitar 40 miliar. Kita dapat dana itu dari partai. Partai yang tahu dapatnya dari mana saja sumbernya. Nanti pengeluaran akan kita laporkan ke partai. Komite tidak tahu urusan apa-apa tentang dana. Yang saya tahu pasti jumlahnya berkurang," ujar Rully di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2013).

Angka ini tak jauh seperti yang pernah disampaikan Wakil Ketua Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Taufiqurrahman Ruki. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menyebut dana maksimal yang dibutuhkan mencapai Rp 50 miliar.

Sementara Rully melanjutkan, ada pengeluaran terbesar konvensi terjadi pada 2 hal, yakni publikasi media dan survei. Tapi ada media nasional yang akan membantu publikasi ini. Sehingga sedikit mengurangi pengeluaran. "Ada salah satu media nasional yang ingin publikasi ini," ujar Rully.

Pada pelaksanaannya nanti, lanjut dia, Komite Konvensi akan memfasilitasi setiap kandidat untuk muncul 1 kali di media nasional. Juga akan memfasilitasi debat kandidat. "Tiap kandidat itu dapat kesempatan muncul 1 kali di media nasional," tutup Rully. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini