Sukses

Polisi Selidiki Kematian Harimau dan 2 Singa di Bonbin Jambi

Polisi belum dapat menyimpulkan siapa pihak yang bertanggung jawab atas kematian itu.

2 Ekor singa Afrika bernama Gebo dan Sonia, serta harimau Sumatera yang diberi nama Peter, penghuni Kebun Binatang (bonbin) Taman Rimba Jambi, diduga mati diracun. Polda Jambi menyelidiki kematian tiga hewan langka itu. Namun, belum diketahui siapa pelakunya.

"Kemarin tim Direskrimum Polda Jambi ikut menyelidiki kematian hewan-hewan itu. Apakah disengaja atau lalai karena katanya akan ada racun," kata Kepala Bidang Humas Polda Jambi AKBP Almansyah saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (27/8/2013).

Menurutnya, polisi belum dapat menyimpulkan siapa pihak yang bertanggung jawab atas kematian itu. "Kami masih menunggu laporan tim, karena sampai saat ini mereka masih berada di lapangan," ujarnya.

Pada Sabtu 17 Agustus sekitar pukul 19.30, harimau Sumatera bernama Peter mati di kandangnya. Singa Afrika bernama Gebo mati di kandangnya pada Minggu 18 Agustus sekitar pukul 03.00. Keesokan harinya, Senin 19 Agustus sekitar pukul 02.30, singa betina bernama Sonia juga mati di kandangnya.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi menyatakan sedang memeriksa 5 saksi. "Mereka adalah 2 pemasok daging, 2 sekuriti, dan 1 keeper (penjaga kandang)," ujar Pelaksana Harian Kepala BKSDA Jambi Nurzaman saat dihubungi Liputan6.com.

Kendati, Nurazman menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan pelaku yang diduga telah meracuni tiga binatang langka itu dengan racun untuk anjing liar berjenis Striknin. (Ary/Ism)