Sukses

[VIDEO] Mobil Otomatis dan Kereta Super Cepat Akan Hadir

Dalam waktu beberapa tahun ke depan, akan ada mobil otomatis bagi Anda yang tak bisa atau malas menyetir.

Teknologi yang makin canggih membuat moda transportasi manusia juga makin berkembang. Dalam waktu beberapa tahun ke depan, akan ada mobil otomatis bagi Anda yang tak bisa atau malas menyetir. Dan jika takut naik pesawat, kereta super cepat bisa mengantar ke tujuan.

Liputan 6 SCTV, Jumat (30/8/2013), menayangkan, zaman keemasan kereta peluru mungkin segera berlalu dengan dikembangkannya kereta magnetic levitation. Jepang kembali menguji coba kereta magnet atau maglev pada 29 Agustus. Tanpa roda, kereta magnet yang mengambang 8 centimeter di atas lintasannya ini, melesat mulus saat uji coba di lintasan sejauh 42,8 kilometer.

Perusahaan pengembangnya, JR Tokai, akan mengoperasikan jalur kerta maglev antara Tokyo dengan Nagoya di 2027. Dengan kecepatan mencapai 581 kilometer per jam, waktu tempuh Tokyo dan Nagoya menjadi 40 menit saja. Selain di negeri sendiri, JR Tokai sedang menjajal kemungkinan jalur kereta maglev yang menghubungkan Washington DC dan Boston.

Anda yang tidak bisa atau malas mengemudi mobil, jangan khawatir, mobil otomatis akan segera dipasarkan. Produsen mobil Nissan menyatakan akan menjual mobil otomatis tahun 2020. Mobil ini bisa beroperasi tanpa input dari sopir, bahkan bisa menghindari gangguan atau halangan yang tiba-tiba muncul di jalan. Penelitian Nissan pada kasus kecelakaan di Amerika Serikat menunjukkan 93 persen kecelakaan disebabkan kesalahan manusia, karena tidak fokus saat menyetir. Mobil otomatis tanpa sopir, diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan secara signifikan. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.