Sukses

[VIDEO] Kain Tenun 1.937 m Polewali Mandar Pecahkan Rekor MURI

Kain tenun sutra Mandar, karya pengrajin tenun tradisional di Polewali Mandar, Sulawesi Barat kini telah resmi tercatat di MURI.

Kain tenun sutra Mandar, karya pengrajin tenun tradisional di Polewali Mandar, Sulawesi Barat tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Kain tenun sepanjang 1.973 meter itu mengalahkan rekor kain tenun terpanjang sebelumnya, yang tercatat sepanjang 1.700 meter.  

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Sabtu (31/8/2013), tenun sutra Mandar atau yang dikenal Sabe itu merupakan hasil garapan 496 penenun tradisional dari berbagai Kecamatan di Polewali Mandar. Mereka menenunnya selama 3 bulan, dengan alat tenun tradisional.

Kain tenun sepanjang 1.973 meter itu kemudian diarak oleh warga keliling kota, setelah sebelumnya diukur pihak MURI.
 
Rekor itu sebenarnya tak hanya mengalahkan rekor sebelumnya, namun kain tenun terpanjang tersebut juga memecahkan rekor dunia.

Selain untuk memecahkan rekor, kain tenun terpanjang itu diharapkan dapat menjadi ajang promosi kerajinan sutra Polewali Mandar agar lebih dikenal dunia. (Gen/Tnt)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.