Sukses

Cairkan BLSM, Warga Depok Celupkan Jari ke Tinta

Petugas kantor pos meminta warga mencelupkan 1 jari ke botol tinta warna biru sebagai tanda verifikasi data benar dan dana bisa dicairkan.

Ada yang berbeda dengan prosedur pencairan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) II di Kantor Pos Jalan Sentosa Depok II Tengah, Sukmajaya, Depok, Jawa Tengah. Warga harus mencelupkan jarinya ke botol tinta untuk mencairkan dana sebesar Rp 300 ribu.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Jumat (6/9/2013), petugas kantor pos meminta warga mencelupkan 1 jari ke botol tintta berwarna biru layaknya dalam penyelenggaraan pilkada atau pun pemilu. Dengan tinta pada jari itu, verifikasi data warga yang bersangkutan dinyatakan benar.

Petugas kasir juga kembali meminta warga untuk menunjukkan jari yang telah diberi tinta biru sehingga yang bersangkutan mengambil dana BLSM sebesar Rp 300 ribu.

"Kami sengaja memberikan tinta pada jari sebagai tanda verifikasi data warga benar dan menghindari kesalahan data serta mempermudah petugas pencairan dana agar tertib," kata petugas kantor pos, Ayu.

Langkah ini cukup baik lantaran beberapa hari sebelumnya di Kantor Pos Pancoran Mas, seorang warga ditolak BLSM-nya lantaran diketahui memiliki KTP DKI. (Adi/Ary)