Sukses

[VIDEO] 90% Pencurian Koleksi Museum Melibatkan Orang Dalam

Dari data yang ditemukan Icom Indonesia, hampir 90 persen kasus pencurian di museum melibatkan orang dalam.

International Council of Museums (Icom) Indonesia mendesak polisi mengusut tuntas kasus pembobolan Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat. Dari data yang ditemukan Icom Indonesia, hampir 90 persen kasus pencurian di museum melibatkan orang dalam.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (13/9/2013), masyarakat museum Indonesia yang berkumpul di Universitas Gajahmada, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta, menyatakan keprihatinan atas hilangnya 4 artefak emas Museum Nasional.

Menurut Sekjen Icom Indonesia Thomas Haryonagoro, kehilangan ini menambah panjang daftar koleksi museum di Indonesia yang hilang dicuri. Bahkan, pencurian di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, 3 tahun lalu hingga kini belum terungkap.

Menurut Thomas, sindikat pencurian dan penjualan koleksi museum masih marak beroperasi di tanah air. Kesejahteraan pengelola museum yang sangat kurang ditengarai bisa menjadi penyebab seseorang tergoda untuk membantu mencuri koleksi museum. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini