Sukses

Besok, Rombongan Komisi III Sambangi Rumah Calon Kapolri

Anggota Komisi III DPR akan mendatangi kediaman Komjen Pol Sutarman untuk melihat langsung gaya hidup calon tunggal Kapolri tersebut.

Rombongan Komisi III DPR rencananya akan menyambangi rumah calon tunggal Kapolri, yakni Komisaris Jenderal Polisi Sutarman, Rabu 9 Oktober 2013. Tujuannya untuk melihat gaya hidup Sutarman selama bertugas di kepolisian.

"Besok jam 10 kita berkunjung ke kediaman pribadi Pak Sutarman. Kita lihat di dalam rumah beliau itu seperti apa gaya hidup calon kapolri itu," kata Ketua Komisi III yang baru dilantik, Pieter Zulkifli, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Pieter menjelaskan, hal tersebut merupakan terobosan baru dari Komisi III di bawah kepemimpinannya. Sehingga para anggota Komisi III yang akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan bisa melihat langsung kepribadian calon pejabat negara yang akan melalui proses seleksi di internal Komisi III DPR.

"Keputusan rapat internal yang saya pimpin tadi, saya membuat terobosan baru kepada para anggota komisi III. Kita ingin masyarakat dapat melihat kerja kita selama ini di parlemen. Karena kita selama ini sungguh-sungguh melakukan seleksi kepada para calon pejabat negara," ungkapnya.

Tak hanya itu, Pieter yang merupakan politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa pihaknya juga akan memanggil PPATK dan Kompolnas untuk melihat rekam jejak dari calon Kapolri.

"Kedua, kita panggil PPATK dan Kompolnas untuk menginventarisir seluruh perform calon Kapolri dan itu terbuka supaya masyarakat tahu komisi III serius mengawal jabatan publik, khususnya calon Kapolri," tuturnya.

Pieter menjelaskan, Sutarman yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR selama dua hari, yakni tanggal 16 hingga 17 Oktober 2013. "Jadwal fit and proper test itu 16 -17 oktober. Kita kejar-kejaran waktu karena sudah mau reses," pungkasnya. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.