Sukses

Ajari Anak Tertib Lalu Lintas, Ditlantas Polda Riau Bangun Taman

Guna menanamkan nilai tertib lalu lintas pada anak sedini mungkin, Direktorat Lantas Polda Riau membangun taman edukasi seluas 0,5 hektar di Riau Safety Driving Centre (RSDC), Pekanbaru, Riau.

"Orang untuk mengerti lalu lintas tentu harus belajar. Setiap hari kita terima 50 anak dari TK untuk belajar rambu dan tahu tata cara berlalu lintas," kata Paur SIM Subdit Min Regident AKP Bambang S di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/10/2013).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, taman tersebut berbentuk miniatur jalan raya yang lengkap dengan rambu warna merah, biru, kuning, dan lampu lalu lintas serta sejumlah persimpangan jalan.

"Seolah-olah ini kota kecil bagi anak. Taman ini juga dilengkapi patung-patung anak dan polisi sebagai simbol kebersamaan kita," ujarnya.

Ada juga amphitheater teduh untuk mengajarkan anak TK cara memakai helm motor dengan benar. Pertanyaan-pertanyaan tentang rambu lalu lintas juga jadi bagian acara dan diajukan para polantas yang mengawal kegiatan kunjungan anak-anak ini.

"Kita harap ketika besar mereka sudah kenal macam-macam rambu. Agar mengerti dan menyukai, jadi saat besarnya mereka tertib, aman berlalu lintas ke depannya," ungkap Bambang. (Rmn)