Sukses

[VIDEO] Sopir Akil Mochtar Bak Hilang Ditelan Bumi

Sopir Akil Mochtar, Daryono yang dianggap saksi kunci suap MK kembali mangkir dari pemeriksaan MHK.

Sopir Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar, Daryono yang merupakan saksi kunci kasus suap ketua MK, kembali mangkir dari sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) Konstitusi. Kesaksian Daryono menjadi penting diduga mengetahui modus pencucian uang yang dilakukan Akil.

Dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (10/10/2013), MKH Konstitusi gagal menghadirkan Daryono, sopir pribadi Akil Mochtar. Daryono dianggap banyak mengetahui sepak terjang Akil dan kemungkinan modus pencucian uang yang dilakukan bosnya itu.

Daryono yang sejauh ini baru diketahui fotonya saja karena sejak Akil ditangkap KPK, keberadaannya seperti raib ditelan bumi. Padahal Daryono termasuk orang kepercayaan Akil.

Akil juga mengatasnakamakan Daryono untuk mobil mewah miliknya yang harganya lebih dari Rp 2 miliar. Keterangan Daryono masih ditunggu MKH.

Selain mengatasnamakan mobil ke orang lain, Akil juga diduga melakukan modus pencucian uang dengan mendirikan badan usaha berbentuk CV yang beralamat di rumahnya di Pontianak. PPATK menenggarai adanya aliran dana miliran rupiah dari Akil ke CV RS, badan usaha yang beralamat di rumah Akil di Pontianak.

Data dari CV RS juga menyebutkan badan usaha ini dimiliki oleh Ratu Rita Akil, istri Akil Mochtar. Ditemukan juga beberapa kejanggalan seperti adanya aliran dana dari Susi Tur Andayani, pengacara kasus Pilkada Lebak yang ikut ditangkap KPK. Inilah yang tengah ditelusuri KPK dengan bantuan PPATK.

Rencananya, Jumat 11 Oktober 2013, KPK akan mengumumkan apakah Akil juga bisa dijerat pasal pencucian uang atau tidak. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini