Sukses

Jakarta Religious Festival, Tabuhan Beduk Mulai Bergema di Monas

Jelang Jakarta Night Religious Festival pada Senin (14/10/2013) malam ini, berbagai persiapan dilakukan Pemprov DKI.

Jelang Jakarta Night Religious Festival malam ini, berbagai persiapan dilakukan Pemprov DKI. Salah satunya latihan untuk gelaran tablig akbar dan parade 1.000 beduk yang akan dilakukan di sepanjang Jalan MH Thamrin.

Pantauan Liputan6.com, di Silang Monas Barat Daya tampak sebanyak 50 siswa dari SMK Muhammadiyah 1 sedang melakukan latihan memukul beduk. Seorang pelatih terlihat mengarahkan keselarasan irama. Sementara salah satu anak melantunkan selawat dan takbir mengiringi pukulan beduk.

"Kita latihan baru kemarin mulainya. Sehari saja. Terus tadi pagi mulainya dari jam 9 pagi," ujar pelatih beduk, Imam Firmansyah, di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Ia mengaku sedikit terkendala masalah ketersediaan alat. Sebab, beduk yang terbuat dari drum yang dilapisi kulit kambing dan 4 batang kayu penyangga itu baru tiba malam kemarin. Sehingga beduk tersebut baru bisa digunakan latihan pada hari ini.

"Alat baru datang tadi malam. Kemarin latihannya cuma pakai stick. Jadi hari ini mereka harus adaptasi lagi. Agak susah arahin iramanya tadi. Tapi sudah cukup bagus ini," kata Imam.

Ia menambahkan, parade 1.000 beduk akan tersebar di beberapa titik. Di lokasi awal yaitu kawasan Bundaran HI ditempatkan 50 beduk untuk pembukaan. Kemudian di sepanjang jalan MH Thamrin. Serta 50 beduk bersiap-siap di Silang Monas Barat sebagai lokasi terakhir parade.

Di samping tempat latihan pukul beduk, terdapat panggung yang dihiasi tanaman hijau, di mana beberapa orang tampak mempersiapkan alat-alat dan mengecek sound untuk gelaran musik malam nanti. Salah satu grup musik religi yang akan tampil di panggung utama itu adalah Kiai Kanjeng.

"Kita mau istirahat dulu. Karena ada yang mau check sound. Ada Kiai Kanjeng di sini, sama tarian juga," kata Imam.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, beberapa ruas jalan di kawasan tersebut akan ditutup menjelang dan selama acara berlangsung, dari pukul 16.00 hingga 24.00 WIB. Mengenai lalu lintas, Dinas Perhubungan DKI bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini