Sukses

Gaya Ngamen Topeng Monyet Masa Kini: Naik Motor

"Sekarang sudah beda, Mas. Sudah nggak jalan kaki lagi pengamennya."

Lain dulu, lain sekarang. Jika dulu pengamen topeng monyet harus berjalan kaki, maka kini tak lagi. Sebagian besar dari pengamen yang menghuni 'Kampung Monyet' biasa menggunakan sepeda motor untuk berkeliling menjajakan atraksi sang primata.

"Sekarang sudah beda, Mas. Sudah nggak jalan kaki lagi pengamennya. Sekarang sudah pakai motor," kata Heri, warga sekitar Kampung Monyet, kawasan Kanal Banjir Timur, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Selasa (22/10/2013).

"Jadi jauh jalannya," imbuh dia.

Biasanya para pengamen Kampung Monyet beranjak dari rumahnya menuju lokasi ngamen mulai pukul 08.00 WIB. Dan kembali pulang ketika malam tiba, sekitar pukul 22.00 WIB.

"Berangkat sudah pakai perlengkapan lengkap untuk atraksi topeng monyetnya," pungkas Heri.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi berencana untuk menertibkan topeng monyet. Dia berharap, Jakarta akan bersih dari topeng monyet pada 2014 mendatang. Sementara upaya penertibannya mulai dilakukan pekan ini. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini