Sukses

Ditangkap Satpol PP, Para Monyet Alami Stres

Sebelum ditempatkan di Kebun Binatang Ragunan, para monyet akan dikarantina terlebih dahulu.

Petugas Satpol PP Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menertibkan topeng monyet yang berkeliaran di ibukota. Hingga saat ini, sudah ada 10 ekor monyet yang ditangkap. Namun para binatang itu mengalami stres.

"Sejak kemarin ditangkap, kondisi monyetnya masih stres. Setelah ini, kita mau periksa dulu. Apakah monyet-monyet itu kena rabies apa nggak atau ada penyakit lain yang dibawa," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Ipih Ruyani di Monas, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Untuk menghilangkan trauma, para monyet akan dikarantina terlebih dulu. Sebagian monyet yang telah dikarantina akan dipelihara di Kebun Binatang Ragunan. Sebagian lainnya akan ditempatkan di lahan konservasi.

"Selama dikarantina, monyet-monyet ini akan diperiksa, cek kesehatannya. Setelah itu baru dibawa ke Ragunan," jelas Ipih.

Selain untuk menyelamatkan para monyet, razia juga dilakukan untuk menyelamatkan warga Jakarta dari penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia. Pemprov DKI terus melanjutkan razia. (Riz/Yus)

Video Terkini