Sukses

Sutarman: Tugas Polri adalah Melayani Masyarakat

Sutarman ingin polisi hadir di segenap aktivitas masyarakat, tanpa melihat tempat atau waktu.

Usai dilantik sebagai Kapolri yang baru, Komisaris Jenderal Polisi Sutarman langsung mengusung program utama untuk meningkatkan keamanan masyarakat. Langkah ini menurut Sutarman untuk menunjukkan bahwa Polri itu ada untuk masyarakat, sekaligus menjawab kritikan selama ini.

"Saya akan mengerahkan seluruh kekuatan, dengan kemampuan kita, agar Polri hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan," tegas Sutarman di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Sutarman ingin polisi hadir di segenap aktivitas masyarakat, tanpa melihat tempat atau waktu. Di mana dan kapan pun polisi, menurut Sutarman, harus ada untuk memberikan pelayanan.

"Kapan masyarakat membutuhkan polisi? Saat masyarakat tidur pun butuh kehadiran polisi, karena dengan kehadiran polisi, tidurnya nyenyak. Saat berangkat kerja pun masyarakat butuh kehadiran polisi," ujar Sutarman.

Selain itu, dia juga menegaskan, kerja polisi tak hanya mencegah dan menindak aksi kriminal. Hal kecil dan dianggap sepele pun juga jadi bagian tugas Polri. "Kalau orang tua atau anak kecil ingin menyeberang jalan juga dibantu polisi, itu bagian kecil contoh kehadiran Polri. Sehingga hadirnya Polri ini adalah untuk melayani masyarakat," imbuh perwira tinggi Polri itu.

Di tingkat yang lebih tinggi, Polri menurut Sutarman akan terus mengamankan masyarakat dari ancaman terorisme dan narkoba. "Ini kejahatan yang cukup membahayakan kelangsungan berbangsa dan bernegara, di samping kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat, seperti premanisme dan perjudian, juga harus dibersihkan," tegasnya. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.