Sukses

Gaya Baru Polri Berantas Terorisme Ala Kapolri Sutarman

Polri mengaku punya terobosan baru dalam menangani kejahatan terorisme.

Polri mengaku punya terobosan baru dalam menangani kejahatan terorisme. Kalau sebelumnya Polri terkesan sebagai 'pemadam kebakaran' dalam menghadapi kejahatan ini, sekarang institusi yang kini berada di bawah pimpinan Komisaris Jenderal Polisi Sutarman itu berniat lebih proaktif dan tidak lagi menunggu.

"Kalau dulu, terorisme itu menyerang dulu, terjadi pengeboman, ledakan,  baru kita tangkap. Kini kita menangkap sebelum mereka melakukan tindakan-tindakan kekerasan itu," kata Sutarman, usai dilantik Presiden SBY sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Cara ini, menurut Sutarman, merupakan terobosan baru Polri lantaran sudah adanya dukungan informasi yang kuat tentang jaringan terorisme. Kendati demikian, Polri menurutnya tidak akan asal tangkap terhadap orang-orang yang diduga sebagai pelaku terorisme.

"Jaringan terorisme itu sudah kita ketahui bersama dan hal-hal terkecil pun kita ketahui," ungkap Sutarman yang hingga kini masih menjabat sebagai Kabareskrim Polri itu.

"Saya juga tak akan menangkap pelaku terorisme jika tidak melakukan aksi yang melanggar hukum. Kalau masyarakat sudah punya kepercayaan pada Polri, dengan sendirinya masyarakat akan membantu Polri dalam tugas-tugasnya," pungkas Sutarman. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.