Sukses

Butuh Modal Nyapres, Gita Wirjawan Buka Rekening Sumbangan

Gita berjanji melaporkan semua sumbangan yang diperolehnya ke KPK.

Peserta Konvensi Partai Demokrat, Gita Wirjawan, membuka rekening atas nama pribadinya untuk menampung sumbangan dana yang akan diberikan masyarakat untuk Pemilihan Presiden tahun 2014.

"Saya sudah buka rekening atas nama pribadi. Ini khusus untuk partisipasi saya di konvensi. Sampai hari ini belum ada penerimaan dari siapapun," kata Gita Wirjawan di kantor Direktorat Pencegahan KPK di lantai IV gedung Pengadilan Tipikor di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (1/11/2013).

Menurut Gita yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan ini, hal tersebut dilakukan agar pihaknya mendapat kejelasan sumber dana sumbangan yang nantinya akan mengalir ke rekening tersebut.

"Tentunya yang ditekankan adalah tidak boleh melanggar peraturan saya sebagai penyelenggara negara. Karena itu bisa dikategorikan sebagai gratifikasi," terang dia.

Dengan demikian, setelah mendapat penjelasan dari pihak KPK mengenai sumbangan yang masuk ke rekening penyelenggara negara, ke depan Gita berjanji melaporkan semua sumbangan yang diperolehnya ke KPK.

"Justru mereka (KPK) menganjurkan untuk dilaporkan. Kalau ada pemasukan, harus dilaporkan. Selama itu masuk ke rekening saya, pasti saya laporkan. Kami akan pantau setiap hari," katanya. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini