Sukses

[VIDEO] Lahar Gunung Sinabung Terjang Pertanian Warga

Selama puluhan tahun peristiwa ini sebelumnya tidak pernah terjadi.

Lahar dingin dari Gunung Sinabung, Sumatera Utara, kian meluas. Setelah memutus jalan desa, lahar dingin kini  memasuki pemukiman warga dan menerjang seluruh lahan pertanian desa Sukameriah Kecamatan Payung Kabupaten Tanah Karo.

Tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (17/11/2013), menggambarkan kondisi Desa Sukameriah usai diterjang lahar dingin. Tak hanya jalan dan rumah dari ribuan penduduk, kini hampir seluruh perkebunan warga Sukameriah yang berjarak 2,5 km dari Gunung Sinabung ludes diterjang lahar dingin.

Areal atau lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian besar warga desa seperti kebun kopi, tomat, jeruk, coklat, dan berbagai jenis tanaman lainnya tertimbun lahar dingin setinggi setengah meter.

Selama puluhan tahun peristiwa ini tidak pernah terjadi. Apalagi Desa Sukameriah menjadi lintasan jalur lahar dingin. Saat ini, ribuan warga sudah mengungsi ke Kota Kabanjahe yang berjarak 20 kilometer dari Desa Sukameriah. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini