Sukses

Kota Tacloban Mulai Pulih, Warga Kembali Beraktivitas

Aparat pemerintah dan warga setempat bekerja keras membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di jalanan

Setelah dilanda bencana topan Haiyan pada 8 November 2013 lalu, Kota Tacloban mulai memulihkan diri. Sebelumnya jalanan di kota disesaki tumpukan puing-puing, sekarang akses masuk pun mulai dibuka.

Pantauan Liputan6.com, aparat pemerintah dan warga setempat bekerja keras membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di jalanan. Alat berat juga diturunkan untuk membantu pembersihan tersebut

Selain itu, aktifitas kota yang sebelumnya "mati", kini mulai hidup kembali. Warga, misalnya, mulai memadati anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengambil uang.

"Kami mengambil uang untuk membeli bahan makanan dan alat-alat bangunan," kata salah satu warga yang ikut mengantre, Kamis (21/11/2013).

Jalan-jalan kota yang awalnya sepi, kini telah dipadati kendaraan penduduk, bantuan, dan militer. Pasar dan SPBU di kota pun mulai dibuka.

Sebelumnya, juru bicara Presiden Benigno Aquino III, Ricky Carandang, mengatakan, fokus pemerintah selanjutnya adalah upaya pemulihan insfrastruktur yang porak-poranda.

[baca: Bantu Korban Haiyan, Presiden Noynoy Tinggalkan Tacloban]

""Maka selanjutnya adalah untuk memulihkan infrastruktur listrik dan sistem pengairan," kata Carandang di Bandara kota Tacloban, Selasa 19 November. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini