Sukses

Temui Dubes Rusia, Komisi I DPR Bahas Strategi Bertemu Snowden

dalam pertemuan itu, Mikhail menyarankan Komisi I menghubungi pengacara Snowden melalui websitenya.

Komisi I DPR yang membidangi urusan Pertahanan dan Luar Negeri siang tadi telah menemui Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Galuzin guna membahas mengenai rencana bertemu mantan pekerja National Security Agency (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden di Rusia. Pertemuan itu berlangsung di kediaman resmi Galuzin di Jakarta.

"Tadi saya dan M Najib (Anggota Komisi I dari F-PAN) menemui Dubes Rusia di kediaman resminya untuk melanjutkan pembicaraan kami beberapa hari lalu terkait keinginan Komisi I bertemu Snowden di Rusia," kata Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya dalam pesan tertulis kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Tantowi menambahkan, dalam pertemuan itu, Mikhail menyarankan Komisi I menghubungi pengacara Snowden melalui websitenya serta menelepon agar dapat bertemu Snowden.

"Sudah tentu kami sadar ini bukan perjuangan mudah. Namun kami akan berupaya dengan memanfaatkan semua kanal yang kami punya," jelas Tantowi.

Tapi, lanjut Tantowi, Dubes Rusia untuk Indonesia itu tidak akan menjadi mediator antara Komisi I dengan Snowden. Komisi I mengerti sikap yang diambil Dubes tersebut.

"Beliau mendukung walau tidak ingin menjadi fasilitator atau mediator mengingat posisi beliau sebagai pejabat resmi Pemerintah Rusia di Indonesia," imbuhnya.

Dan saat ini, Komisi I tengah berkomunikasi dengan pengacara terkenal Rusia yang menjadi pengacara Edward Snowden tersebut untuk bisa segera bertemu dengan orang yang paling dicari pemerintah Amerika Serikat tersebut.

"Ini sedang dihubungi," tukas Wasekjen Partai Golkar itu. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.