Sukses

Demokrat: Masih Ada Waktu Lahirkan Capres Unggulan

Wasekjen Demokrat Saan Mustopa menilai masih ada waktu untuk melahirkan capres unggulan dari konvensi.

Partai Demokrat menggelar konvensi untuk mencari capres yang akan diusung pada Pemilu 2014. Sejauh ini, elektabilitas peserta konvensi paling tinggi dimenangi Dahlan Iskan. Namun, Menteri BUMN itu bukanlah lawan berarti bila ditandingkan dengan capres-capres lain, seperti Jokowi, Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo.

Meski demikian, Wasekjen Demokrat Saan Mustopa menilai masih ada waktu untuk melahirkan capres unggulan dari konvensi. Capres yang mampu memberikan perlawanan.

"Masih ada waktu 8 bulan untuk melahirkan seorang figur yang mampu berkompetisi dengan figur yang lain," kata Saan di Kantor Indikator Indonesia, Jakarta, Minggu (1/12/2013).‬

Saan mengakui saat ini baru muncul 1 nama, yakni Dahlan Iskan. Namun, dia yakin proses ini terus berlanjut dan akan cukup kompetitif dengan calon lainnya.
‪
"Jadi konvensi terus bergulir dan bulan Januari-Mei itu akan ada debat. Sekarang mereka dikasih kesempatan menaikan elektabilitasnya. Sehingga publik tahu gagasan dan program. Publik akan tahu antara figur yang kuat dan kelembagaan politik harus sejalan," papar Saan.

Nama Dahlan Iskan muncul dalam 2 dari 3 simulasi survei capres yang digelar oleh Indikator Indonesia. Namun, hasil survei menyatakan elektabilitas Dahlan belum signifikan.

"Dari simulasi semi terbuka, elektabilitas Dahlan 1 persen. Dari simulasi tertutup 4 calon, Dahlan mendapat 3,7 persen," tandas Direktur Indikator Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini