Sukses

Batal Pakai Kijang, Kapolri: Sudah Terlanjur Dibelikan Camry

"Sudah terlanjur, karena itu sudah dibeli oleh negara, mobil dinas. Kalau nanti mobil pribadi ya yang wajar-wajar saja," kata Sutarman.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman sempat menginstruksikan penggunaan kendaraan dinas yang sederhana kepada seluruh jajaran kepolisian. Misalnya, menggunakan minibus Toyota Kijang Innova ketimbang sedan mewah. Termasuk mobil dinas untuk dirinya yang baru saja dilantik sebagai Kapolri.

Namun, rencana mengganti mobil dinas yang sederhana itu batal karena kendaraan baru berupa sedan Toyota Camry sudah terlanjur dibeli. Kendaraan itu pengganti Toyota Landcruiser warisan mantan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

"Sudah terlanjur, karena itu sudah dibeli oleh negara, mobil dinas. Kalau nanti mobil pribadi ya yang wajar-wajar saja," kata Sutarman di Mako Ditpoludara Baharkam Polri, Pondok Cabe, Pamulang, Senin (2/12/2013).

Meski demikian, ia tetap minta seluruh jajaran Polri menggunakan kendaraan yang sederhana.

"Nanti juga kalau mobil-mobil itu paling tinggi Innova lah. Jangan pakai mobil-mobil yang mewah kita, nggak elok. Masyarakat kita lagi susah sekarang," imbuh Sutarman.

Rencananya pengadaan mobil serhana untuk Kapolri dan sejumlah jajaran di institusi Polri itu, akan masuk dalam anggaran 2014. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.