Sukses

Menhut Zulkifli: Gerakan Penghijauan Akan Jadi Gaya Hidup

Gerakan anak muda mencintai lingkungan sebagai bagian dari life style dapat diwujudkan melaui media visual berupa fotografi dan poster.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan gerakan menanam pohon sudah menjadi bagian gaya hidup bagi kaum muda.

“Saya yakin, gerakan penghijauan akan menjadi budaya atau life style bangsa Indonesia,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Kamis (5/13/2013).

Gerakan anak muda mencintai lingkungan sebagai bagian dari life style dapat diwujudkan melaui media visual berupa fotografi dan poster yang berisikan ajakan untuk menanam pohon. “Ini merupakan bentuk kecintaan pemuda pada lingkungan,” tegas Menhut.

Saat ini, hanya 60 persen wilayah Indonesia yang masih hijau. Sedangkan 40 persen dalam kondisi kritis. Untuk itu, perlu gerakan bersama berupa ajakan menanam pohon melalui berbagai media baik berupa poster maupun fotografi.

Maka itu digelar lomba fotografi dan poster yang terkait dengan lingkungan hidup. Tujuan kegiatan ini untuk mendukung Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon yang digagas oleh Kementerian Kehutanan bersama pihak swasta salah satunya PT Semen Indonesia.

“Kami berharap setiap komponen bangsa bisa tergugah ketika melihat karya-larya poster atau foto-foto dari peserta yang menggambarkan peran besar Pohon dan Hutan dalam kehidupan manusia dan alamnya,” jelas Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto

Komunikasi visual tersebut bisa menumbuhkan semangat publik untuk menanam pohon. Menurutnya penanaman pohon menjadi berharga bagi masa depan genereasi yang akan datang. “Penanaman pohon tidak hanya menghijaukan suatu area, namun juga bisa menjadi cara untuk mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” papar Agung.

Syarat lomba di kedua kategori itu sangat mudah dapat di akses pada www.indonesiamenanamcom. Peserta mengirim karya-karyanya festreevalphoto@indonesiamenanam.com. Sedangkan untuk poster, peserta dapat mengirimkan karya-karyanya ke alamat berikut festreevalposter@indonesiamenanam.com

Pengiriman karya ditutup pada 14 Desember 2013. Juri akan menilai karya-karya peserta pada 15-16 Desember 2013. Dan puncaknya karya-karya pemenang akan ditampilkan pada pameran poster dan foto di Universitas Esa Unggul Jakarta pada tanggal 18-20 Desember 2013. Rencananya kegiatan pameran lokakarya ini akan dihadiri oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan dan Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (Ali)