Sukses

Senyum Pria Misterius dalam Tragedi Bintaro II Paling Disorot

Kereta commuter line menghantam truk pengangkut BBM di Bintaro. Informasi seputar tragedi Bintaro II itu menjadi berita yang paling disorot.

Ada kejadian aneh sebelum kereta menabrak truk pengangkut BBM di Perlintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Seraya gemetar, salah satu penumpang selamat, Dinda Irmawati (21) mengungkap ketika menghadap pintu masinis, Dinda mendapati seorang pria membuka pintu masinis dengan wajah tersenyum.

Informasi tersebut menjadi 1 dari lima berita yang paling disorot para pembaca Liputan6.com edisi Senin 9 Desember 2013 kemarin.

Berikut berita-berita lainnnya.

1. Detik-detik Tragedi Bintaro II Kereta Hantam Truk Hingga Terbakar

KRL commuter line arah Tanah Abang menghantam truk pengangkut BBM di pintu perlintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Api pun membumbung tinggi hingga mengeluarkan asap tebal.

"Pukul 11.15 WIB di pintu lintasan Pondok Betung, KRL sudah bunyikan sirene, rambu sudah ada. Jadi pengemudi (truk) kayaknya tidak berhati-hati, tidak mengindahkan pintu dan sirene petugasya keluar," ujar Humas PT KAI Daops I Jakarta Sukendar Mulya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (9/12/2013).

Dituturkan dia, sebelum tabrakan terjadi, pintu perlintasan sudah tertutup setengah. Bahkan klakson sudah dibunyikan berkali-kali. "Kereta dari arah Pondok Ranji, Pondok Betung, arah Tanah Abang ke timur," kata Sukendar.

Dalam insiden itu, Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan mengerahkan 10 unit kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

2. Kecelakaan Maut Bintaro II Kereta Vs Truk Disorot Dunia

Tak hanya menarik perhatian publik di Indonesia, kecelakaan yang melibatkan transportasi publik itu juga disorot dunia. Menjadi pemberitaan media di luar negeri.

Tak lama setelah kejadian, situs BBC News, memuat artikel breaking news berjudul, 'Deadly train collision in Indonesia'.

"Kereta komuter bertabrakan dengan sebuah kendaraan di Ibukota Indonesia, Jakarta. Akibatnya, sebagian kereta terbakar api," demikian seperti dimuat media Inggris itu, Senin (9/12/2013).

Sementara, Washington Post memuat artikel 'Commuter train crashes in Jakarta, 2 dead'. "Gerbong kereta terguling ke tanah, sementara asap hitam membumbung dari bagian kereta yang terbakar." Judul senada diunggah situs SBS.com.au, Miami Herald, dan CBC.ca.

3. Lokasi Kereta Vs Truk Berjarak 200 Meter dari Tragedi Bintaro 87

Truk B 9265 SEH pengangkut BBM berkapasitas 24 kiloliter dihantam kereta jurusan Serpong-Tanah Abang di perlintasan kereta Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Lokasi itu tepatnya berada 200 meter dari titik tabrakan 2 kereta yang dikenal dengan sebutan 'Tragedi Bintaro'.

Insiden yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB itu berawal saat truk yang datang dari arah Tanah Kusir menuju Pondok Aren menerobos palang pintu perlintasan. Kereta yang datang dari arah Serpong menuju Tanah Abang pun langsung menghantam bagian sebelah kiri truk hingga terseret 20 meter.

Posisi terakhir truk terguling ke kanan dengan ban sebelah kiri berada di atas. Posisi kereta, lokomotifnya hangus terbakar, gerbong 1 dan 2 anjlok ke sebelah kanan.

4. Senyum Pria Misterius Selamatkan Gadis Penumpang Kereta Maut

"Ini kuasa Tuhan." Itulah kalimat pertama yang terlontar dari mulut gadis muda yang menjadi penumpang dan saksi hidup kecelakaan kereta dan truk BBM berkapasitas 24 ribu liter di perlintasan Pondok Betung, Jakarta Selatan.

Gadis itu bernama Dinda Irmawati (21). Ia berangkat dari Stasiun Pondok Ranji dan berdiri tepat di belakang pintu masinis sambil memegang gantungan tangan yang berada tepat di atasnya.

Menurutnya, ada firasat yang muncul sesaat sebelum terjadinya kecelakaan. Seraya gemetar, Dinda mengungkap sesuatu hal yang menurutnya aneh. Ketika menghadap pintu masinis, Dinda mendapati seorang pria membuka pintu dengan wajah tersenyum.

Dinda menduga, pria itu salah satu pendamping masinis. Dinda pun tertahan oleh senyuman itu dan mengurungkan niat masuk ke ruang lokomotif. Belum habis senyuman itu dipandang dan juga belum sempat masuk ke dalam ruang masinis, suara ledakan terdengar. Seketika langsung membuat seisi gerbong panik. Tangis pecah, jeritan di mana-mana.

5. Hilang Sejak Sabtu Malam, Widya Rifva Oktaviani Ditemukan

Widya Rifva Oktaviani, remaja 14 tahun yang hilang dari rumah sejak Sabtu malam lalu akhirnya ditemukan aparat kepolisian. Gadis berkerudung itu lalu dibawa pulang ke rumahnya di kawasan Meruya Ilir, Jakarta Barat.

"Sudah kembali (Widya). Alhamdulillah, sehat," kata ayah Widya, Kelik Supriharjo, kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (9/12/2013). "Ia kembali kurang lebih jam 12.00-13.00 WIB," imbuhnya.

Namun Kelik belum mengetahui informasi detail mengenai kondisi dan ke mana Widya menghilang. Hanya sebentar Widya di rumah, ia dijemput aparat Polsek Kembangan. Hingga saat ini, Widya masih berada di Mapolsek Kembangan untuk dimintai keterangan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.