Sukses

Ikan Sungai Amazon <i>Nyasar</i> di Sungai Cikapundung

Ikan jenis langka itu ditemukan warga Lengkong Besar, Bandung. Ikan itu berukuran panjang 125 cm dengan berat 30 kilogram. Rencananya ikan langka ini akan diawetkan dan diteliti di Fakultas Perikanan Unpad.

Liputan6.com, Bandung: Warga Jembatan Baru, Lengkong Besar, Bandung, Jawa Barat, digemparkan dengan penemuan seekor ikan raksasa yang mengambang di Sungai Cikapundung, Jumat (30/4). Ikan yang diperkirakan berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan itu berukuran 125 sentimeter dengan berat 30 kilogram. Ikan ini ditengarai sebagai ikan jenis langka. Selain tidak mempunyai sirip punggung, juga memiliki lidah.

Ikan misterius itu pertama kali ditemukan oleh Adik (23 tahun). Saat ditangkap, ikan tersebut masih hidup. Namun karena terus berdarah dan kekurangan air, sang ikan akhirnya mati. Warga sempat menjaga agar ikan tetap hidup dengan diberi es balok.

Menurut Widi, seorang mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Padjadjaran Bandung, ciri-ciri ikan itu berbeda dengan jenis ikan dari perairan Indonesia. Rencananya ikan langka ini akan diawetkan dan diteliti di Fakultas Perikanan Unpad. Agar tidak membusuk, ikan tersebut telah disuntik alkohol. "Dari kepala mirip seperti ikan betutu, ekor seperti arwana, badan bulat, ikan apa ya," ujar Widi balik bertanya.(YAN/Aprilia Melissa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini