Sukses

Ospek Maut, Wakil Rektor ITN Malang: Puluhan Mahasiswa Diskorsing

Puluhan mahasiswa yang terlibat dalam ospek maut ITN Malang sudah diberikan skorsing.

Kampus Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) memberikan sanksi kepada mahasiswa yang diduga terlibat dalam kematian Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru yang meninggal dalam kegiatan ospek. Puluhan mahasiswa yang terlibat dalam ospek maut itu sudah diberikan skorsing.

"Semua yang terlibat, sudah diberikan sanksi (skors). Tapi sanksi secara hukum untuk membuktikan siapa salah-benar itu bukan tugas kami tapi tugas penyidik," kata Wakil Rektor III ITN Malang Wayan Mundra saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Pada Kamis 12 Desember, Wayan dimintai keterangan atas meninggalnya Fikri Dolasmantya Surya yang mengikuti ospek di Kemah Bakti Desa di kawasan Goa Cina, Jawa Timur pada 13 Oktober lalu. Wayan sudah bertemu dengan Irjen Dikti dan Direktur Pembelajaran Kemahasiswaan Kemdikbud.

"Saya hanya memberikan keterangan atas kejadian tersebut dan mereka lebih kepada menasehati agar ke depan tidak terjadi lagi atau tidak terulang kejadian yang sama," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Kemdikbud Lila merasa, pengawasan kegiatan di ITN sangat kurang. "Yang kurang dilakukan oleh Perguruan Tinggi yaitu pengawasan dan pemantau setiap kegiatan, dan panduan kegiatan kemahasiswaan tidak disertai aturan tentang sanksi jika ada pelanggaran," tandas Lila. (Mvi/Ism)

Baca: [Geger Ospek Maut ITN Malang]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.