Sukses

Ospek Maut, Himpunan Mahasiswa Planologi ITN Malang Dibekukan

Kebijakan itu diambil akibat kematian mahasiswa baru Fikri Dolasmantya Surya dalam kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) pada 13 Oktober.

Kegiatan organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dibekukan. Kebijakan itu diambil akibat kematian mahasiswa baru Fikri Dolasmantya Surya dalam kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) 13 Oktober lalu.
 
"Kebijakan dari Rektor untuk membekukan seluruh kegiatan himpunan mahasiswa jurusan," kata Humas ITN Malang Elizabeth Catur Yulia saat ditemui di kampus ITN Malang, Jawa Timur, Jumat (13/12/2013).

Elizabeth mengatakan, HMJ Planologi dibekukan sejak peristiwa yang merenggut nyawa Fikri itu. Belum ada keputusan sampai kapan pembekuan organisasi tersebut. "Kewenangan ada di Pak Rektor," tuturnya.
 
Rektorat juga memperketat seluruh proposal kegiatan yang diajukan dari semua himpunan mahasiswa jurusan. Seluruh proposal kegiatan himpunan mahasiswa biasanya diajukan setiap semester sekali untuk seluruh agenda.

Namun kali ini bakal diperketat lagi pengawasan terutama untuk proposal kegiatan yang diajukan. "Kebetulan untuk saat ini juga tak ada aktivitas apapun di himpunan mahasiswa jurusan," ucap Elizabeth.
 
Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru Jurusan Planologi ITN Malang meninggal dunia saat mengikuti Kemah Bakti Desa (KBD) pada 13 Oktober. Akibat kejadian itu, Ibnu Sasongko dan Arief Setyawan diberhentikan sebagai Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan Planologi. Selain itu, lebih dari 110 mahasiswa diberi sanksi mulai dari pengurangan mata kuliah hingga skorsing 1 sampai 2 semester. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini