Sukses

[VIDEO] Tembakan Dilepaskan, Napi Lapas Palopo Tetap Ngamuk

Para napi menghancurkan sejumlah fasilitas lapas dan mengancam akan menyerang jika polisi mendekati lapas.

Kerusuhan terjadi di Lapas Kelas II B Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/12/2013). Para napi yang kesal dengan petugas tetap mengamuk dan membakar lapas meski sejumlah polisi melepaskan tembakan peringatan untuk meredakan kerusuhan.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (14/12/2013), Lapas Kelas II B Palopo membara setelah ratusan napi yang mengamuk membakar gedung lapas.

Petugas pun melepaskan tembakan peringatan untuk meredakan amuk para tahanan. Namun, para napi melanjutkan perusakan dengan menghancurkan sejumlah fasilitas lapas. Bukannya takut, mereka malah mengancam akan menyerang jika petugas tetap mendekat.

Petugas pemadam kebakaran pun berjibaku memadamkan api yang membakar lapas. Sesekali para napi melempari mereka dari dalam.

Polisi berupaya menerobos masuk ke dalam. Selain untuk mengendalikan amuk napi juga untuk menyelamatkan sejumlah pengunjung dan tenaga penyuluh yang terperangkap di dalam lapas saat kerusuhan pecah.

Pembakaran lapas ini diduga berawal dari seorang napi yang kerap berbuat ulah hingga dimasukkan ke ruang isolasi. Napi itu berteriak-teriak minta keluar.

Ketika ditindak tegas kepala lapas bersama sejumlah petugas ia melawan dan menghasut ratusan napi lain. Alhasil, kerusuhan pecah. Kepala Lapas Kelas II B Palopo Sri Pamudji masih dirawat di rumah sakit akibat dianiaya para napi. Ada pun seorang napi terkena peluru karet petugas. (Adi/Mut)

Baca juga:
Ratusan Narapidana Ngamuk, Lapas Palopo Dibakar dan Dikuasai
Kronologi Kerusuhan Lapas Palopo Versi Menkumham
Video Terkini