Sukses

Jokowi Ajak Rossi dan Lorenzo Kampanye Bersepeda di Jakarta

Jokowi berharap agar sepeda tak hanya digunakan berolah raga. Namun juga dijadikan kendaraaan sehari-hari bagi warga Jakarta.

Usai bersepeda bersama pembalap Moto GP Jorge Lorenzo, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengajak Lorenzo dan Valentino Rossi memasuki ruang Balai Agung untuk bertemu dengan sejumlah wartawan. Kepada wartawan, Jokowi memperkenalkan kedua pembalap tersebut, sebelum memulai jumpa persnya.

"Kita kedatangan tamu, Lorenzo dan Rossi, sudah kenal semua kan? Dia (Rossi) 8 kali juara Moto GP dan Lorenzo juga juara tahun 2010-2012," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Pada kesempatan itu Jokowi menjelaskan, alasan Valentino Rossi tidak turut gowes bersama dirinya dan Lorenzo. Padahal, seperti dijadwalkan sebelumnya, ketiganya diagendakan gowes bareng dari rumah dinas Jokowi menuju ke Balaikota DKI Jakarta.

"Pagi tadi maunya sepeda sama-sama kita dari Menteng ke Balaikota. Tapi karena sesuatu hal, Rossi terlambat, jadi yang sepedaan hanya Lorenzo, dan kehujanan," ujar Jokowi yang diapit 2 pembalap ngetop itu.

Di tengah jumpa pers tersebut, para awak media itu terus menyebut-nyebut nama 2 pentolan Moto GP itu. Namun tiba-tiba Jokowi berceletuk. "Lorenzo-Rossi-Jokowi..." ucap Jokowi sambil menunjuk 2 pembalap tersebut.

Tawa pun pecah mendengar celetukan Jokowi itu. Sambil bernada guyon, Jokowi meminta agar para wartawan juga menyebut namanya. "Ini kok dari tadi Lorenzo-Rossi...Lorenzo-Rossi...Jokowi-nya ndak disebut-sebut," gurau Jokowi sambil tertawa.

Selain bersilaturahmi, Jokowi menjelaskan, kedatangan kedua pembalap tersebut juga sekaligus mengkampanyekan sepeda sebagai gaya hidup di Jakarta, khususnya.

Kepada Lorenzo dan Rossi, Jokowi juga menyampaikan harapan agar sepeda tidak hanya digunakan untuk berolah raga. Namun juga dijadikan sebagai kendaraaan sehari-hari bagi warga Jakarta.

"Emang kita ajak sepedaan, ini bukan baru. Tiap Jumat sepedaan, kita ingin kampanyekan naik sepeda jadi kebiasaan dan budaya kita. Emang kita cuma seminggu sekali, tapi kita mau ajak seluruh kantor dan masyarakat," ujar Jokowi. (Rmn/Mut)

Baca juga:

Tiba di Balaikota, Jokowi Sajikan Lorenzo dan Rossi Kacang Rebus
Jokowi dan Jorge Lorenzo `Adu Cepat` di Dekat Rumah Megawati
Jakarta Hujan, Gowes Jokowi Bareng Rossi dan Lorenzo Tertunda
Gowes Bareng Valentino Rossi Besok, Jokowi: Masa Rosidin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini