Sukses

Banjir Jakarta, Jokowi: Kami Tak Salahkan Siapapun

Jokowi melakukan aksi penanaman pohon bersama Bupati Bogor Rachmat Yasin di Telaga Saat, Desa Tugu Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo punya cara tersendiri mengatasi permasalahan banjir di Ibukota. Setelah rencana untuk membuat sodetan Kali Ciliwung ke Kali Cisadane ditolak Tangerang. Kini, pria yang akrab disapa Jokowi itu melakukan reboisasi alias penanaman kembali hutan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Jokowi melakukan aksi penanaman pohon bersama Bupati Bogor, Rachmat Yasin di Telaga Saat, Desa Tugu Selatan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2014). Jokowi berharap penanaman pohon bisa menjadi salah satu solusi permasalah banjir Jakarta.

"Permasalahan banjir ini adalah masalah hulu sampai ke hilir. Dan memang hulu sungai Ciliwung itu berada di Bogor. Untuk itu kita datang ke sini salah satunya di Telaga Saat ini untuk menenam pohon," ungkap Jokowi di lokasi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2014).

Lebih lanjut, mantan walikota Solo ini menjelaskan, penanaman pohon itu memang harus dilakukan di kawasan lindung dan areal resapan yang ada di hulu. Karena itu, diperlukan kerjasama antar pihak untuk menyelesaikan persoalan di Ibukota.

"Kita tidak pernah menyalahkan siapapun terhadap permasalahan banjir ini. Saya kira kerjasama nyata dan konkret seperti ini yang sangat diperlukan. Karena semua orang sudah tahu apa permasalahannya," jelasnya.

Sementara Bupati Bogor, Rachmat Yasin mengatakan, kehadiran Jokowi di Bogor ini menjadi motivasi bagi rakyat Bogor untuk merasakan bahwa wilayah ini penting sekali bagi warga Jakarta.

"Oleh karenanya kehadiran mas Jokowi menjadi bukti nyata bahwa Pak Gubernur tidak hanya sekadar mengumbar wacana, tapi sebagai wujud konkret upaya penanggulangan banjir," pungkasnya. (Adm/Ism)

Baca juga:
Jokowi: Akan Jadi Masalah, Jika Ada Sodetan Ciliwung-Cisadane
Disambut Spanduk Penolakan Sodetan, Jokowi Angkat Jempol
Datang ke Tangerang, Jokowi Disambut Spanduk Penolakan Sodetan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.